Kompas TV regional berita daerah

Aksi Sosial Isi Ulang Oksigen di Sukoharjo

Kompas.tv - 30 Juli 2021, 10:30 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SUKOHARJO, KOMPASTV - Wabah pandemi Covid-19 yang banyak memakan korban jiwa, memunculkan rasa empati di masyarakat. Aksi sosial yang bertujuan mengurangi beban penderita covid terus bermunculan. Di Sukoharjo, Jawa Tengah, muncul komunitas yang memberi bantuan isi ulang oksigen, dengan hanya dikenai pembayaran seiklasnya. 

Komunitas yang diberi nama Sumringah Sukoharjo ini lokasinya berada di Desa Kaliwingko, Kecamatan Grogol, Solo Baru, Sukoharjo, Jawa Tengah. Tempat ini senantiasa dipenuhi oleh warga yang mengantri untuk mendapatkan isi ulang oksigen. Sebetulnya aksi sosial ini sudah lama berjalan, sebelum adanya pandemi Covid-19. Saat itu, warga yang mengisi ulang oksigen kebanyakan karena sakit TBC dan sesak napas. Namun kini, mayoritas yang datang adalah mereka yang mencari oksigen untuk pasien Covid-19. Kelangkaan oksigen akhir-akhir ini yang disebabkan minimnya pasokan, membuat markas Sumringah kini selalu dibanjiri warga yang datang silih berganti. 

Menurut Happy Yudhananto, penanggungjawab Komunitas Sumringah, selain aksi sosial isi oksigen ulang, mereka juga memiliki aksi sosial lainnya. "Setiap hari kita sediakan dan bagikan 300 nasi bungkus yang kita peruntukan bagi warga yang terdampak PPKM, selain itu juga kita sediakan ambulance gratis, serta rumah singgah," katanya. 

Aksi sosial Komunitas Sumringah ini diakui sangat membantu masyarakat yang saat ini sangat membutuhkan oksigen. Salah satunya adalah Nova Budi Utomo, warga Ngawi, Jawa Timur. Ia mengaku sudah berkeliling mencari tempat isi ulang di sejumlah tempat, namun selalu kosong,hingga dirinya datang ke Komunitas Sumringah. "Saya tahu Komunitas Sumringah dari medsos. Meski jauh, yaa tetap saya datangi, karena saya sudah cari keliling-keliling, tidak dapat," ujarnya. Nova Budi mengaku membutuhkan oksigen untuk sang ibu yang sudah tiga hari menjalani isolasi mandiri di rumah. 

Komunitas ini tidak mematok harga tertentu untuk isi ulang tabung. Warga yang akan mengisi ulang oksigen, dipersilahkan untuk mengisi seiklasnya di kotak yang telah disediakan. 

#komunitassumringah #isiulangoksigengratis #oksigenlangka

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x