Kompas TV regional berita daerah

Kasad MInta RS TNI Saling Bantu Tangani Covid-19

Kompas.tv - 30 Juli 2021, 10:16 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPASTV - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa menyatakan, pihaknya secara intensif ikut langsung dalam penanganan pasien yang terpapar Covid-19. Ada 95 Rumah Sakit Angkatan Darat saling bantu sehingga tidak terjadi over kapasitas pasien Covid-19. 

Kasad Jenderal TNI Andika perkasa, Kamis (29/07/2021) mengunjungi Rumah Sakit Bhakti Wira Tamtama (RST) Kota Semarang, untuk memberi dukungan semangat kepada tenaga kesehatan. Pada kesempatan itu, Andika mengatakan, TNI AD memiliki 95 rumah sakit yang tersebar di seluruh Indonesia. Ia meminta agar rumah sakit TNI untuk saling berkoordinasi dan saling membantu, serta mengawasi pergerakan pasien yang akan menjalani perawatan dengan maksud agar tidak ada rumah sakit mengalami kelebihan kapasitas akibat membludaknya pasien Covid, seperti yang terjadi beberapa waktu lalu. Koordinasi tersebut meliputi untuk pemenuhan tenaga medis, dokter, perawat serta obat-obatan, sehingga penanganan pasien bisa ditangani dengan baik. "Kita berusaha untuk me-manage secara nasional. Karena kalau dibiarkan, maka akan ada rumah sakit yang kewalahan karena over kapasitas. Jumlah positive rate, masing-masing daerah kan berbeda," katanya. 

Sejauh ini untuk perang melawan Covid-19 juga sudah dilakukan oleh Pangdam bersama Kapolda, Gubernur dan Kepala Daerah Se-Indonesia. Andika juga mengharapkan dukungan dari masyarakat luas, untuk turut andil memerangi pandemi Covid, diantaranya dengan konsisten menerapkan protokol kesehatan. 

#rumahsakitangkatandarat #tniperangicovid19 #95rstniad 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x