Kompas TV regional berita daerah

Ganjar Datangi Kapal Perang Pemasok Oksigen Gratis

Kompas.tv - 30 Juli 2021, 09:52 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPASTV - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meninjau KRI dr. Soeharso-990, yang merapat di Pelabuhan Tanjung Emas Kota Semarang. Keberadaan kapal perang yang berfungsi sebagai rumah sakit ini menarik perhatian Ganjar karena keberadaannya di Pelabuhan Tanjung Emas ini untuk memasok oksigen, yang sangat dibutuhkan selama pandemi Covid-19. 

Di saat kebutuhan akan oksigen di Jawa Tengah masih tinggi, kabar baik datang dari KRI dr. Soeharso-990. Kapal perang yang berfungsi sebagai rumah sakit kapal ini, sejak Rabu (29/07/2021) merapat di Pelabuhan Tanjung Emas. Keberadaan kapal ini untuk memasok kebutuhan oksigen di Jawa Tengah, secara gratis. 

Bersandarnya kapal pemasok oksigen ini menggundang perhatian Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang datang bersama Walikota Semarang Hendrar Prihadi, untuk melihat secara langsung proses produksi oksigen di KRI dr. Soeharso. Ganjar mengaku senang dan mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan oksigen untuk warga Jawa Tengah. Oksigen dari KRI dr. Soeharso-990 ini, rencananya akan diprioritaskan untuk rumah sakit di Semarang dan sekitarnya, baru kemudian untuk kebutuhan kabupaten dan kota lain. "Ini kapal rumah sakit yang terbesar di Indonesia,ini diperintahkan untuk memback up kebutuhan oksigen di Kota semarang dan sekitarnya. Kami sampaikan terima kasih kepada TNI AL, telah membantu oksigen untuk kebutuhan masyarakat," ujar Ganjar. 

Dalam sehari, kapal bantu rumah sakit yang berada di bawah jajaran satuan kapal bantu Koarmada II ini mampu menghasilkan 25 tabung oksigen ukuran 6.000 liter selama 24 jam. Menurut Komandan Pangkalan TNI AL Semarang, Kol. Laut (P) Nazarudin, CHRMP, kapal ini bersandar di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dengan batas waktu yang tidak ditentukan. "Pokoknya hingga terpenuhi kebutuhan oksigen di Jawa Tengah, " terangnya.

Di Indonesia sendiri ada dua kapal perang yang mampu memproduksi oksigen, yakni KRI dr. Soeharso-990 dan KRI Semarang-594, yang saat ini bertugas di Surabaya untuk menyuplai kebutuhan oksigen di wilayah Jawa Timur. 

#kapalperang #kridrsoeharso #kapalpasokoksigen 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x