Kompas TV regional peristiwa

Dua Anak Nelayan Pulau Marore 5 Jam Arungi Lautan Demi Jadi Prajurit TNI AL

Jumat, 30 Juli 2021 | 07:45 WIB
dua-anak-nelayan-pulau-marore-5-jam-arungi-lautan-demi-jadi-prajurit-tni-al
Komandan Pos Angkatan Laut (Danposal) Marore Letda Laut (P) Suendra memberangkatkan Septianus dan Keril untuk test calon prajurit TNI AL  (Sumber:tni al)

SULAWESI UTARA, KOMPAS.TV- Komandan Pos Angkatan Laut (Danposal) Marore Letda Laut (P) Suendra terlihat bangga saat melihat Septianus Mendome dan Keril Barhama, siap berangkat menuju ke Pangkalan TNI AL Tahuna di Bungalawang, Tahuna, Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, Kamis (29/7/2021).

Kedua pemuda anak nelayan Pulau Marore itu akan melanjutkan perjuangan untuk ikut test  menjadi prajurit TNI Angkatan Laut sebagai peserta seleksi Calon Bintara (CABA) Gelombang II Tahun Ajaran (TA) 2021. Septianus dan Keril tampak ditemani oleh kedua orang tua mereka. 

Kedua anak muda itu menjadi simbol kegigihan untuk meraih cita-cita. Itulah yang membuat Letda Laut (P) Suhendra ikut bangga.

Baca Juga: Istri Korban Pembunuhan oleh 6 Anggota TNI AL Kembali Jalani Pemeriksaan di Mapolres Purwakarta

"Kami haru dengan keduanya karena mereka dari keluarga nelayan yang hidup dengan kondisi pas-pasan. Namun kami bangga dengan semangat mereka untuk bertekad bergabung mengabdi kepada NKRI sebagai calon prajurit TNI Angkatan Laut,” terang Letda Laut (P) Suendra.

Bahkan atas rasa kebanggaannya itulah, Danposal Marore Letda Laut (P) Suendra seizin Komandan Lanal (Danlanal) Tahuna Kolonel Laut (P) Sobarudin M.Tr.Hanla memfasilitasi keduanya dengan memberikan pengarahan dan mengantarkan keduanya menggunakan Pamboat.
 
“Sebelum pemberangkatan menuju Lanal Tahuna untuk mendapat pembekalan, kami bersama anggota di Posal Marore memberikan pengarahan terlebih dahulu,” tegas Letda Suendra.
 
Kata Suendra, untuk bisa mencapai Lanal Tahuna dengan menggunakan Pamboat, kedua pemuda pulau peserta seleksi CABA ini minimal harus menempuh waktu sekitar lima jam mengarungi lautan.
 
Selanjutnya, dari Lanal Tahuna menuju Lantamal VIII Manado, keduanya harus kembali menempuh jarak sekitar 12 jam dengan menggunakan kapal cepat.


“Untuk Marore menuju Lamtamal Manado sebenarnya ada kapal perintis dan bisa ditempuh dengan 23 jam transit di sejumlah pulau. Namun karena faktor cuaca buruk dan jadwal yang tidak tentu (bisa antara semingu sekali bahkan sebulan sekali), apalagi dengan adanya PPKM sehingga terpaksa keduanya menggunakan pamboat,” ujar Letda Suendra.

Baca Juga: Gunakan Kapal TNI AL Datangi Warga Pesisir Untuk Divaksin

Sedangkan untuk jarak antara Kepulauan Marore hingga Lantamal VIII Manado, keduanya harus menempuk jarak sekitar 369 kilometer.

Medan lautan yang berat, cuaca buruk dengan gelombang tinggi dan angin kencang yang muncul tiba-tiba, kata Letda Suendra menjadi tantangan dan risiko yang harus dilewati anggota dan kedua calon peserta seleksi CABA.

Penulis : Iman Firdaus

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
03:32
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19