Kompas TV nasional viral

Meme Viral Polemik Syarat Fotokopi KTP Untuk Vaksinasi, Ini Kata Kemenkes

Jumat, 30 Juli 2021 | 00:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV -  Sempat beredar viral netizen mempertanyakan sulitnya birokrasi untuk mengikuti vaksinasi dengan fotokopi KTP.

Lalu tak sedikit netizen yang menanyakan fungsi dari data KTP Elektronik.

Mengutip akun penulis @SoeTjenMarching yang menulis di Twitter bahwa jika ada yang ingin divaksin, sebaiknya jangan dipersulit dengan birokrasi.

“Seharusnya bila ada yg datang untuk divaksin, jangan dipersukar dengan birokrasi. Keadaan sudah gawat. Bila surat identitas hilang, dulukan keselamatan warga. PRT kakak saya membawa KTP lama (KTP baru hilang) tp ditolak. Tak lama kemudian dia tertular Covid dari suaminya & meninggal.” tulis akun@SoeTjenMarching.

Beberapa balasan netizen juga mengalami hal sama.

“Kemaren ibu saya 63th, budhe 65th, pakde 72th dateng untuk vaksin, sudah screening, isi form, pas mau suntik disuruh pulang lagi gara2 gak bawa fotokopi KTP, padahal bawa KTPasli, sudah minta tolong ngomong baik2 tetep ditolak suruh pulang karena sudah jam 5 sore.”tulis akun @amirawulan.

Berikutnya muncul candaan dari netizen lewat grup whatsapp berupa video dengan bahasa jawa.

“Si Edi Gondrong Mau vaksin nggak bisa, gara-gara nggak punya KTP. Kemarinnya, mau bikin KTP, nggak bisa gara-gara belum vaksin, sekarang gila orangnya,”ucap pria tersebut.

Menanggapi komentar netizen atas polemik fotokopi KTP untuk vaksinasi, ditanggapi Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes.

“Prinsipnya harus membawa identitas kita, yaitu KTP. Kalau syarat lain bisa ditanyakan ke penyelenggaranya. Selama NIK-nya sama, seharusnya tidak masalah,”tegas Siti Nadia Tarmizi, dikutip dari Kompas.com Sabtu (24/7/2021)

Video Editor: Lisa

Penulis : Yuilyana

Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
00:52
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19