Kompas TV internasional kompas dunia

Galeri Nasional Australia Kembalikan ke India 14 Artefak Karya Seni Kuno Hasil Curian

Kamis, 29 Juli 2021 | 23:48 WIB
galeri-nasional-australia-kembalikan-ke-india-14-artefak-karya-seni-kuno-hasil-curian
Lukisan sebuah keluarga di Gujarat, India, adalah salah satu karya seni yang akan dikembalikan Galeri Nasional Australia ke India karena dicurigai hasil rampokan. (Sumber: Daily Sabah via AFP)

CANBERRA, KOMPAS.TV - Galeri Nasional Australia atau National Gallery of Australia NGA menyatakan akan mengembalikan 14 karya seni kepada pemerintah India setelah menemukan karya-karya seni itu kemungkinan besar merupakan hasil curian.

NGA hari Kamis (29/07/2021) seperti dilansir Xinhua menyatakan enam patung batu atau perunggu, enam foto, satu lukisan gulung, dan satu karya seni kuno dari koleksi seni Asia akan dikirim kembali ke India dalam upaya repatriasi terbesar yang pernah dilakukan galeri tersebut.

Sebelumnya Galeri Nasional Australia telah mengembalikan beberapa karya lain yang diperolehnya melalui Kapoor, termasuk patung perunggu Dewa Siwa senilai 5 juta dollar AS yang dicuri dari sebuah kuil Tamil Nadu.

Sebanyak 13 dari karya seni itu dibeli dari dealer Subhash Kapoor, yang menurut Australian Broadcasting Corporation ABC, sedang menunggu persidangan setelah dituduh menjalankan jaringan penyelundupan artefak global melalui galeri "Art of the Past" miliknya yang berlokasi di New York.

NGA meyakini enam dari 13 karya seni itu dicuri atau dibawa secara ilegal dari India. Pihaknya kemudian memutuskan untuk mengembalikan sisanya karena ragu dengan praktik yang dijalankan Kapoor.

Direktur NGA Nick Mitzevich menuturkan upaya repatriasi itu merupakan hasil dari kerangka penilaian baru NGA terkait asal-usul karya seni.

Baca Juga: Pemerintah Amerika Serikat Kembalikan Tiga Benda Cagar Budaya Indonesia

Sebuah patung kuno abad 12 dari Rajashtan India yang akan dikembalikan Galeri Nasional Australia kepada pemerintah India karena dicurigai sebagai hasil rampokan. (Sumber: News24 via AFP)

"Dengan perkembangan ini, pengambilan keputusan mengenai asal-usul karya seni di Galeri Nasional akan ditentukan melalui pendekatan berbasis bukti yang dievaluasi pada keseimbangan probabilitas, yang tertanam dalam prinsip serta pertimbangan pengambilan keputusan legal dan etis yang kuat," katanya dalam rilis media.

Baca Juga: Dikira Bisa Berpartisipasi, Pasangan di Seoul Justru Merusak Karya Senilai Rp 7 Miliar

"Sebagai hasil pertama dari perubahan ini, Galeri (Nasional Australia) akan mengembalikan 14 benda dari koleksi seni India ke negara asalnya."

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

Sumber : Xinhua


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
08:28
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19