Kompas TV nasional sosial

Jokowi: Kemampuan Mitigasi Bencana BMKG Harus Meningkat

Kompas.tv - 29 Juli 2021, 21:39 WIB
Penulis : Luthfan

KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo mengingatkan Indonesia harus meningkatkan kemampuan untuk mengantisipasi dan memitigasi bencana di tengah meningkatnya resiko bencana dalam beberapa tahun terakhir.

Hal ini diungkapkan saat memberi sambutan dalam rapat koordinasi pembangunan nasional Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika 2021 secara virtual dari Istana Negara.

Presiden mengingatkan bahwa Indonesia memiliki resiko bencana yang tinggi berdasarkan data jumlah kejadian bencana meningkat setiap tahunnya. 

Jokowi mencontohkan bencana gempa bumi yang terjadi pada kurun tahun 2008 hingga 2016 rata-rata mencapai 5 ribu sampai 6 ribu kali dalam setahun.

Jumlah ini terus meningkat pada tahun 2017 menjadi tujuh ribu kali dan naik signifikan menjadi 11.500 kaki pada tahun 2019.

Jangan lewatkan streaming Kompas TV live 24 jam non stop di https://www.kompas.tv/live agar kamu semua tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia.

Subscribe juga channel YouTube Kompas TV dan aktifkan lonceng supaya kamu dapat notifikasi video terbaru langsung.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.