Kompas TV internasional kompas dunia

Gempa 8.2 Richter Guncang Alaska Diikuti Gempa Susulan Beruntun, Ada Peringatan Tsunami

Kamis, 29 Juli 2021 | 20:58 WIB
gempa-8-2-richter-guncang-alaska-diikuti-gempa-susulan-beruntun-ada-peringatan-tsunami
Sederet mobil mengevakuasi Homer Spit di Homer, Alaska pada 28 Juli 2021, setelah peringatan tsunami dikeluarkan menyusul gempa berkekuatan 8,2 SR. (Sumber: Sarah Knapp/Homer News via AP)

PERRYVILLE, KOMPAS.TV - Gempa bumi dahsyat yang terjadi di lepas pantai selatan Alaska menyebabkan guncangan berkepanjangan dan memicu peringatan tsunami yang membuat orang-orang berebut mencari tempat berlindung.

Seperti dilansir Associated Press, Kamis (29/7/2021), warga hanya melaporkan kerusakan ringan, namun pejabat mengatakan itu bisa berubah setelah matahari terbit saat orang bisa melihat lebih baik.

Pusat Peringatan Tsunami Nasional membatalkan peringatan tsunami pada Kamis pagi waktu Alaska ketika gelombang terbesar setinggi lebih dari setengah kaki, tercatat di Pelabuhan Lama.

Peringatan tsunami yang diterbitkan untuk Hawaii juga dibatalkan, dan para pejabat mengatakan tidak ada ancaman terhadap Guam, Samoa Amerika atau Persemakmuran Kepulauan Mariana Utara.

Peringatan tsunami untuk Alaska mencakup bentangan hampir 1.600 kilometer dari Prince William Sound ke Pulau Samalga, Alaska, di dekat ujung Kepulauan Aleutian.

Survei Geologi AS mengatakan gempa itu berkekuatan 8,2 skala richter dan terjadi 91 kilometer timur tenggara Perryville, Alaska sekitar pukul 20.15, Rabu.

Gempa itu sekitar 29 mil (46 kilometer) di bawah permukaan laut, menurut USGS.

Baca Juga: Ikan Monster Ditemukan di Alaska, Miliki Gigi Setajam Silet

Patrick Mayer, pengawas sekolah untuk Aleutians East Borough, sedang duduk di dapurnya di komunitas Sand Point ketika gempa mulai terjadi.

"Itu mulai berjalan dan tidak berhenti," kata Mayer kepada Anchorage Daily News. “Itu berlangsung lama dan ada beberapa gempa susulan juga. Perabotan dapur jatuh berantakan ke seluruh lantai, lemari es tumpah terserak di lantai.”

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

Sumber : Associated Press




BERITA LAINNYA


SINAU

Penyebab Obat Terasa Pahit

Kamis, 29 Juli 2021 | 21:01 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
21:03
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19