Kompas TV nasional sosial

Simak! Berikut Daftar Lengkap Passing Grade Tes SKD CPNS 2021

Kompas.tv - 29 Juli 2021, 19:55 WIB
simak-berikut-daftar-lengkap-passing-grade-tes-skd-cpns-2021
Peserta mengikuti ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Surabaya, Selasa (22/9/2020) (Sumber: AFP/JUNI KRISWANTO)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV -  Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) telah mengumumkan nilai ambang batas atau passing grade untuk tes SKD CPNS 2021.

Adapun nilai ambang batas atau passing grade Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) diatur dalam Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 1023 Tahun 2021 Tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar Pengadaan Pegawai Negeri Sipil Tahun Anggaran 2021.

Plt Asdep Perencanaan dan Pengadaan SDM Aparatur Kementerian PANRB Katmoko Ari Sambodo
mengatakan aturan tersebut ditandatangani oleh Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo pada 26 Juli 2021.

"Ada tiga materi di dalam SKD ini, yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP)," kata Ari seperti yang dikutip dari kanal YouTube Kemenpan-RB, Kamis (29/7/2021).  

Lebih lanjut Ari mengungkapkan terdapat 30 butir soal TWK yang diujikan. Masing-masing soal memiliki bobot nilai kalau benar 5, kemudian kalau salah atau tidak menjawab 0 dengan nilai tertinggi 150.

Sementara untuk TIU terdapat 35 butir soal dengan masing-masing soal memiliki bobot nilai 5 jika dijawab benar dan jika salah atau tidak menjawab nilainya 0 jika salah, nilai tertingginya 175.

Terakhir, TKP terdapat 45 butir soal yang diujikan dengan bobot nilai 1 sampai 5 jika menjawab sesuai sedangkan jika tidak menjawab nilainya 0, dengan total nilai tertinggi 225.

Baca Juga: Cara Cek Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2021 dan Jadwal Lengkapnya

Ari mengungkapkan total ada110 butir soal dalam SKD yang harus diselesaikan oleh para peserta. Jika dapat menjawab seluruh pertanyaan dengan benar, peserta akan mendapatkan nilai tertinggi 550.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x