Kompas TV regional berita daerah

Gempa Susulan Masih Sering Terjadi Di Tojo Una Una

Kompas.tv - 29 Juli 2021, 14:02 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

PALU, KOMPAS.TV - Hasil pantauan badan meteorologi klimatologi dan geofisika stasiun geofisika palu tercatat ada empat puluh lima gempa susulan terjadi pasca gempa bermagnitudo enam koma tiga. Gempa susulan rata-rata berkekuatan dibawah magnitudo lima koma nol.

Tim bmkg saat ini telah menuju ke  kabupaten tojo una-una untuk memetakan langsung tingkat kerusakan dari gempa magnitudo enam koma tiga. Tim di kota palu sendiri masih melakukan pemantauan di stasiun geofisika palu.Menurut bkmg palu gempa di kabupaten tojo una-una masih sering terjadi namun kekuatan gempa susulan berada di kekuatan magnitudo lima koma nol. Diketahui gempa di tojo una-una merupakan gempar sesar lokal.

Salah satu warga Ampana, Rusli mengatakan gempa susulan tidak begitu keras. Namun cukup membuat warga yang tengah mengungsi panik.“Warga yang mengungsi ini berhamburan lagi, karena panik dan ketakutan,”ungkap Rusli

Menurut Rusli, banyak warga sudah berada di perbukitan yang dekat dengan pusat perkantoran pemerintah Tojo Unauna.“Warga mengungsi di dekat kantor Bupati, kantor Polres. Di sana kebetulan dataran tinggi,” imbuhnya. 

Sebelumnya, gempa magnitudo 6.5 menguncang Tojo Unauna, pukul 20.90 WITA.Berdasarkan info BMKG, gempa ini berpusat di Lok:0.73 LS,121.92 BT atau 59 kilo meter timur laut Kabupaten Tojo Unauna.“Kedalaman 10 km, tidak berpotensi tsunami,” tulis BMKG. Gempa ini merupakan gempa kedua. Sebelumnya, pada pukul 11.52 WITA, wilayah Teluk Tomini diguncang gempa tektonik. Hasil info pendahuluan BMKG menunjukkan gempabumi ini berkekuatan magnitudo 5.9 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi magnitudo 5.8. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 0,74° LS ; 121,88° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 55 km arah timur laut Kabupaten Tojo Unauna, pada kedalaman 10 km. 

#gempabumi
#bmkg
#tojounauna



Sumber : Kompas TV Makassar

BERITA LAINNYA



Close Ads x