Kompas TV regional berita daerah

20 Vial Vaksin Astrazeneca Tiba Di Sultra

Kamis, 29 Juli 2021 | 13:49 WIB

KENDARI, KOMPAS.TV - Dinas kesehatan provinsi sultra  kembali kedatangan vaksin jenis astraseneca sebanyak 1 koli atau seberat 15 kilogram yang diperuntukan bagi TNI-Polri.
Mseki beegitu jumlah vaksin yang datang  masih jauh dari kebutuhan vaksin di sualwesi tengara.
Vaksin jenis astraseneca  yang tiba di bandara haluoleo kendari  berjumlah 20 vial atau 200 suntikan cairan vaksin. Dinas kesehatan provinsi sulawesi tenggara memastikan  dengan kedatangan vaksin astraseneca  jumlah vaksin yang telah ada di sulawesi tenggara mencapai ratusan ribu botol .
Namun berdasarkan data dinas kesehatan provinsi sulawesi tenggara kebutuhan vaksin mencapai dua juta dosis dan saat baru 16 persen warga yang divaksin.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Dinkes Sultra, dr Muh Ridwan."Kemarin vaksin jenis AstraZeneca baru masuk di Sultra dengan jumlah 20 vial diperuntukkan untuk TNI/Polri," ucapnya saat ditemui di ruang penyimpanan vaksinasi, Rabu (28/7/2021).

Gedung ruang penyimpanan vaksinasi Dinkes Sultra bertempat di Kelurahan Mokoau, Kecamatan Kambu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Ridwan menyebut 1 vial bisa digunakan untuk 10 orang, sehingga dengan vaksin AstraZeneca yang baru tiba dapat ditargetkan untuk 200 anggota TNI/Polri.

Ketersediaan atau stok vaksin yang ada di Sulawesi Tenggara menipis dan tak cukup memenuhi target vaksinasi.

Kekurangan tersebut disebabkan jumlah vaksin yang dibutuhkan oleh daerah tak seimbang dengan apa yang dikirimkan oleh pemerintah pusat. Hal itu disampaikan oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Dinkes Sultra dr Muh Ridwan.

"Yaa harus diakui saat ini ketersediaan vaksin untuk Sultra tak mencukupi dengan yang telah ditargetkan," ucap Ridwan saat ditemui di gedung penyimpanan vaksinasi Dinkes Sultra, Rabu (28/7/2021).Lanjutnya, namun dengan stok atau ketersediaan vaksin yang kurang saat ini kedepan atau bulan berikutnya kata Ridwan, dapat tercukupi.
" Walau memang saat ini stoknya masih kurang, namun semoga kedepan dapat dipastikan ketersediaan itu mencukupi sesuai dengan target vaksinasi," ujarnya.
Ridwan menyebut Dinkes Sultra hanya sebagai tempat penyimpanan sementara vaksin dan secepatnya didistribusikan ke kabupaten dan kota.Ridwan berharap dari 2 juta orang lebih sasaran vaksinasi di Sultra semua masyarakat berbondong-bondong melakukan vaksinasi.Vaksinasi tersebut bertujuan untuk melindungi individu, keluarga, serta masyarakat yang lebih besar."Bagi masyarakat jangan takut divaksin," tutupnya.


#vaksinasi
#astrazeneca
#dinkessultra

Penulis : KompasTV Makassar

Sumber : Kompas TV Makassar




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
13:52
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19