Kompas TV olahraga olimpiade tokyo

Gara-gara Pasang Foto "Jelek" Atletnya di Olimpiade Tokyo, China Kecam Media Barat

Kamis, 29 Juli 2021 | 12:59 WIB
gara-gara-pasang-foto-jelek-atletnya-di-olimpiade-tokyo-china-kecam-media-barat
Hou Zhihui dari China berlaga di cabang angkat besi 49kg putri, memenangkan medali emas dan memecahkan rekor Olimpiade di Olimpiade Musim Panas 2020, Sabtu, 24 Juli 2021, di Tokyo, Jepang. (Sumber: AP PHOTO/LUCA BRUNO)

BEIJING, KOMPAS.TV - China melalui jalur diplomasi mengeluarkan kritik keras terhadap media yang berbasis di Amerika Utara terkait foto atletnya yang dinilai "kurang memuaskan".

Media tersebut diketahui menerbitkan artikel dengan foto atlet angkat besi China, Zhihui Hou yang berhasil meraih medali emas pada nomor 49 kilogram putri di Olimpiade Tokyo 2020.

Melihat itu, Kedutaan Besar China di Colombo, Sri Lanka lantas menyuarakan ketidaknyamannya lewat cuitan akun Twitter resminya @ChinaEmbSL, Sabtu (24/7/2021).

Menurutnya, prestasi atlet berusia 24 tahun itu telah diusik oleh foto yang memperlihatkan ekspresi tak terkendali Hou saat berusaha mengangkat beban pada babak final.

Baca Juga: Viral, Pebulutangkis asal Belgia Lianne Tan Ngobrol Pakai Bahasa Indonesia

Pejabat kedutaan China juga menyebut media terkait telah melakukan politik dan ideologi diatas olahraga dengan memilih foto yang hanya menunjukkan betapa "jeleknya" mereka.

"Jangan menempatkan politik dan ideologi di atas olahraga, dan menyebut diri anda (media terkait) sebagai organisasi media yang netral. Tak tahu malu," tulisnya.

Belum puas dengan pernyataannya, meski tak mendapat dukungan dari pengguna Twitter, diplomat China lanjut melancarkan tudingan yang lain.

Mereka menyebut media terkait telah melakukan tindak diskriminasi terhadap atlet China, dengan memilih foto-foto yang kurang bagus dibanding atlet dari negara lain.

"Hari yang sama, Olimpiade yang sama, Reuters yang sama, wajah yang berbeda, Mungkin karena segala sesuatu yang baik dalam hidup didapat lebih mudah bagi orang kulit putih barat," tandasnya.

Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Gading Persada

Sumber : Kompas TV/Twitter


BERITA LAINNYA


Hukum

Momen Azis Syamsuddin Dijemput Paksa KPK

Jumat, 24 September 2021 | 23:53 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
00:34
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19