Kompas TV olahraga kompas sport

Jakarta International Stadium Disiapkan jadi Venue Piala Dunia U-20, Ini Kelebihan JIS

Kamis, 29 Juli 2021 | 12:38 WIB
jakarta-international-stadium-disiapkan-jadi-venue-piala-dunia-u-20-ini-kelebihan-jis
Proyek pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) di Jakarta Utara terus dikebut pengerjaannya.(Sumber: Tribunnews.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jakarta International Stadium (JIS) tengah disiapkan untuk menjadi salah satu arena perhelatan Piala Dunia U-20. 

JIS dibangun sesuai dengan standar badan sepak bola dunia (FIFA) dan akan berkapasitas 82.000 penonton. 

Proyek JIS diampu oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta, PT Jakarta Propertindo (Perseroda) atau Jakpro bekerjasama dengan sejumlah perusahaan yaitu, PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk (WEGE), PT Jaya Konstruksi (JAKON) dan PT Pembangunan Perumahan (PP) Tbk.

Sebagaimana diketahui, FIFA resmi menunda Piala Dunia U-20 di Indonesia akibat pandemi Covid-19 dan memundurkan kickoff menjadi tahun 2023.

Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Jakpro, Nadia Diposanjoyo, mengatakan, ini menjadi kesempatan bagi JIS untuk mempersiapkan diri lebih matang sebagai arena turnamen bergengsi tersebut. 

"Penundaan ini menjadi kesempatan bagi Jakarta International Stadium untuk mempersiapkan diri menjadi salah satu 'venue' turnamen yang kerap melahirkan 'wonderkid' atau calon bintang sepakbola di masa depan," kata Nadia melalui keterangan tertulis, Kamis (29/7/2021). 

Baca Juga: Gubernur Anies Banggakan JIS:  Membawa Nama Besar Sepakbola Indonesia

Sebelumnya diberitakan Kompas.tv, Gubernur Anies turut membanggakan JIS dan berharap JIS dapat menjadi babak baru sejarah persepakbolaan Jakarta di masa-masa mendatang.

"Mudah-mudahan hadirnya Jakarta International Stadium ini menjadi babak baru bagi kegiatan persepakbolaan di Indonesia," kata Anies dalam seminar virtual di Jakarta, Rabu (28/7/2021).

Anies mengatakan urgensi sepakbola di Tanah Air bukan hanya soal olahraganya saja, tapi juga pada sejarah perjuangan yang terukir pada waktu silam, dimana sepak bola dijadikan alat untuk mengirimkan pesan tentang nasionalisme, pesan tentang kesetaraan, dan pesan tentang harapan.

"Mudah-mudahan stadion ini nantinya akan memfasilitasi itu juga, bahkan lebih jauh lagi kami berharap bukan hanya stadionnya yang bertaraf internasional, tapi juga kesebelasan yang bermain di stadion itu adalah kesebelasan yang prestasinya bisa internasional," ujar Anies.

Penulis : Hasya Nindita | Editor : Gading Persada

Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
12:42
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19