Kompas TV nasional agama

Relawan Muhammadiyah Menguburkan Jenazah Umat Katolik, Menginspirasi Seorang Romo

Kamis, 29 Juli 2021 | 12:11 WIB
relawan-muhammadiyah-menguburkan-jenazah-umat-katolik-menginspirasi-seorang-romo
Romo Agustinus Suryo Nugroho (Sumber: Gereja St Petrus Paroki Pekalongan via Muhammadiyah or.id)

JAKARTA, KOMPAS.TV-  Foto Relawan Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) yang sedang menguburkan jenazah umat Katolik yang terpapar covid-19,  yang  ramai di Twitter beberapa waktu lalu, telah menginspirasi Romo Agustinus Suryo Nugroho.

Ketua Komisi Hubungan Antaragama dan Kepercayaan Keviepan Barat yang berdomisili di Semarang ini menceritakan, ada dua aktivitas Relawan Muhammadiyah yang menginspirasinya yaitu aktivitas MCCC Kudus yang mengubur jenazah Umat Kristiani dan MCCC Sragen dengan aktivitas sama.


"Yang di Sragen itu saya cek karena saya pernah bertugas sebagai romo vikaris parokial di sana. Ketemulah nama umat yg dikuburkan itu: Mak Nem, warga lingkungan Krapyak. Sedang pendoa (prodiakon) yang sedang mendoakannya itu Mas Yoyok,” urai Romo Suryo dilihat dari laman muhammadiyah, Kamis (29/7/2021).

Baca Juga: Di Lembata, Begini Cara Relawan Muhammadiyah Dampingi Anak-Anak Penyintas Banjir NTT


Dari peristiwa itu, kata Romo Suryo, yang terpenting adalah tindakan relawan Muhammadiyah itu menggerakkan dia dan  romo-romo dan Umat Katolik untuk mengambil peran yang sama. "Turun ke kuburan, memakamkan jenazah dengan sebaik-baiknya,” katanya.

Romo Suryo menjelaskan, sebenarnya respon Umat Katolik atas pandemi covid-19 ini mereka percaya, dan taat atas peraturan penonaktifan rumah ibadah yang dikeluarkan pemerintah. Akan tetapi pada sisi kontribusi aktif ia mengakui belum begitu banyak.

Baca Juga: PP Muhammadiyah Dukung Perpanjangan PPKM Darurat

Terkait dengan penyelesaian covid-19 dengan baik, dirinya mengajak kepada umat lintas iman untuk mendukung vaksinasi, Romo Suryo berharap para pemuka agama bisa menjadi teladan bagi umat. Selanjutnya, semoga selalu ingat dengan masyarakat yang sedang melakukan isoman.


 

Penulis : Iman Firdaus

Sumber : Kompas TV/muhammadiyah.or.id




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
23:04
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19