Kompas TV nasional agama

Relawan Muhammadiyah Menguburkan Jenazah Umat Katolik, Menginspirasi Seorang Romo

Kompas.tv - 29 Juli 2021, 12:11 WIB
relawan-muhammadiyah-menguburkan-jenazah-umat-katolik-menginspirasi-seorang-romo
Romo Agustinus Suryo Nugroho (Sumber: Gereja St Petrus Paroki Pekalongan via Muhammadiyah or.id)
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV-  Foto Relawan Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) yang sedang menguburkan jenazah umat Katolik yang terpapar covid-19,  yang  ramai di Twitter beberapa waktu lalu, telah menginspirasi Romo Agustinus Suryo Nugroho.

Ketua Komisi Hubungan Antaragama dan Kepercayaan Keviepan Barat yang berdomisili di Semarang ini menceritakan, ada dua aktivitas Relawan Muhammadiyah yang menginspirasinya yaitu aktivitas MCCC Kudus yang mengubur jenazah Umat Kristiani dan MCCC Sragen dengan aktivitas sama.


"Yang di Sragen itu saya cek karena saya pernah bertugas sebagai romo vikaris parokial di sana. Ketemulah nama umat yg dikuburkan itu: Mak Nem, warga lingkungan Krapyak. Sedang pendoa (prodiakon) yang sedang mendoakannya itu Mas Yoyok,” urai Romo Suryo dilihat dari laman muhammadiyah, Kamis (29/7/2021).

Baca Juga: Di Lembata, Begini Cara Relawan Muhammadiyah Dampingi Anak-Anak Penyintas Banjir NTT


Dari peristiwa itu, kata Romo Suryo, yang terpenting adalah tindakan relawan Muhammadiyah itu menggerakkan dia dan  romo-romo dan Umat Katolik untuk mengambil peran yang sama. "Turun ke kuburan, memakamkan jenazah dengan sebaik-baiknya,” katanya.

Romo Suryo menjelaskan, sebenarnya respon Umat Katolik atas pandemi covid-19 ini mereka percaya, dan taat atas peraturan penonaktifan rumah ibadah yang dikeluarkan pemerintah. Akan tetapi pada sisi kontribusi aktif ia mengakui belum begitu banyak.

Baca Juga: PP Muhammadiyah Dukung Perpanjangan PPKM Darurat

Terkait dengan penyelesaian covid-19 dengan baik, dirinya mengajak kepada umat lintas iman untuk mendukung vaksinasi, Romo Suryo berharap para pemuka agama bisa menjadi teladan bagi umat. Selanjutnya, semoga selalu ingat dengan masyarakat yang sedang melakukan isoman.


 



Sumber : Kompas TV/muhammadiyah.or.id

BERITA LAINNYA



Close Ads x