Kompas TV internasional kompas dunia

Mengerikan! Potret China Dilanda Badai Pasir Setinggi 100 Meter

Kompas.tv - 29 Juli 2021, 12:50 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

DUNHUANG, KOMPAS.TV – Detik-detik badai pasir setinggi 100 meter melanda kota Dunhuang, kawasan Barat Laut China terekam dalam sebuah video yang diunggah oleh @francetvchine (26/7/2021).

Badai pasir ini terjadi pada Minggu, 25 Juli 2021 sore. Badai pasir China ini menyapu dinding bangunan tinggi di atas kota di Provinsi Gansu di Tepi Gurun Gobi.

Badai pasir ini membuat langit menjadi berwarna kuning dan jarak pandang hingga kurang dari 5 meter di beberapa wilayah.

Dilansir dari ABC News pada Selasa (27/7/2021), polisi lalu lintas setempat segera memberlakukan kontrol gerbang tol dan mengarahkan kendaraan yang terdampak badai pasir untuk meninggalkan jalan tol dan berhenti di rest area.

Badai pasir China membuat lalu lintas macet dan lebih dari 400 penerbangan dari dua bandara utama ibu kota dibatalkan.

Beijing sebenarnya menghadapi badai pasir reguler pada Maret dan April karena dekat dengan Gurun Gobi, serta karena efek deforestasi dan erosi tanah di seluruh China utara.

Sejauh ini, China berusaha menanam pohon sekitar wilayah itu sebagai "tembok hijau besar" dalam upaya untuk menghalau debu yang masuk. Negara komunis ini juga telah mencoba membuat koridor udara yang menyalurkan angin dan memungkinkan pasir dan polutan lainnya lewat lebih cepat.

Video Editor: Faqih Fisabilillah



Sumber : Kompas TV, Twitter

BERITA LAINNYA



Close Ads x