Kompas TV regional berita daerah

Risma Kecewa Penyaluran BPNT Berupa Paket Sembako

Kompas.tv - 29 Juli 2021, 10:27 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Menteri Sosial Tri Rismaharini melakukan pemantauan penyaluran bantuan sosial tunai (BST) Covid-19 di Kota Pekalongan, Jawa Tengah.

Saat melakukan kunjungan di Kota Pekalongan, Menteri Sosial Risma melihat langsung penyaluran BST Covid-19 sebesar Rp 600 ribu  yang disalurkan lewat Kantor Pos pada Selasa (27/07/2021) sore. Selain uang, penerima BST Covid-19 dan program keluarga harapan (PKH) juga mendapat beras sebanyak 10 kilogram.

Di lokasi penyaluran bantuan, Risma juga menemukan harga telur ayam di e warung 25 ribu rupiah per kilogram, padahal di pasaran harganya 22 ribu rupiah per kilogram, dan adanya bantuan BPNT yang diberikan dalam bentuk paket sembako. Menurut Risma, hal tersebut pelanggaran peraturan karena bantuan sudah dalam bentuk paket sembako. Mulai bulan depan keluarga penerima manfaat bisa berbelanja tidak hanya di e warung namun juga bisa berbelanja di semua warung sembako sesuai dengan kebutuhannya.

“Tadi kita lihat mulai sudah banyak yang terima dan sudah proses. Memang ada masalah di bantuan sembako. Dimana penerima manfaat namun tidak hanya di sini namun juga di beberapa daerah yang saya kunjungi juga ada ketidaksesuaian antara yang harusnya diterima Rp 200 ribu, dengan barang yang mereka dapatkan. Kemudian berikutnya insyaalloh ke depan kita tidak akan menggunakan lagi seperti itu. Jadi penerima manfaat bisa berbelanja dimana saja dan dia bisa memilih kebutuhannya karena aturannya memang tidak boleh bentuknya paket sembako yang sama. Ke depan penerima manfaat bisa berbelanja dimana pun dengan teknologi yang sudah kami siapkan yakni Kementerian Sosial dapat bantuan dari Bank Indonesia dan dibantu pengawasannya oleh OJK untuk bagaimana menggunakan alat yang mereka bisa menggunakan belanja dimana pun,” kata Tri Rismaharini, Menteri Sosial.

Setiap melakukan kunjungan ke daerah, Menteri Sosial Tri Rismaharini menekankan akurasi dan kecepatan penyaluran bantuan, serta memastikan hak-hak penerima bantuan terpenuhi, dan pemerintah daerah diminta untuk terus mengawal dengan sungguh-sungguh penyaluran bantuan bagi warganya.

#TriRismaharini #MenteriSosial #KotaPekalongan

 



Sumber : Kompas TV Jateng

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.