Kompas TV entertainment lifestyle

Pentingnya Membuka Jendela Rumah Setiap Pagi Hari

Kamis, 29 Juli 2021 | 10:21 WIB
pentingnya-membuka-jendela-rumah-setiap-pagi-hari
Ilustrasi membuka ventilasi udara di rumah (Sumber: Kompas)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Membuka jendela rumah setiap hari selama kurang lebih 10 hingga 15 menit memberi dampak baik untuk sirkulasi udara di dalam rumah Anda.

Meski tidak membutuhkan tenaga berarti atau keahlian khusus, terkadang kegiatan membuka jendela dilupakan penghuni rumah. Padahal, kegiatan membuka jendela merupakan solusi untuk membuat udara yang lebih segar di ruangan Anda.

Sebaliknya, menutup jendela sepanjang hari akan memungkinkan bahan kimia dan alergen menumpuk di dalam rumah.

Saking pentingnya membuka jendela rumah setiap hari, Dr Paul Young dari Lancaster University, seperti dilansir dari The Gurdian, mengatakan bahwa ketika Anda tinggal di kota yang tercemar, Anda harus membuka jendela dari waktu ke waktu.

“Jika Anda tinggal di dekat jalan yang sangat sibuk, Anda mungkin tidak ingin jendela terbuka sepanjang waktu, tetapi Anda perlu ventilasi, dan membuka jendela di malam hari, saat lalu lintas berkurang, bisa menjadi pilihan yang baik," kata Dr Paul Young dikutip pada Kamis (29/7/2021).

Baca Juga: Kijang Tubruk Bus, Kaca Jendela Ringsek dan Bangunkan Pelajar yang Tidur

Membuka jendela salah satu faktor terbesar yang mempengaruhi kualitas udara dan kelembapan dalam rumah. Melakukannya setiap hari selama kurang lebih 10 hingga 15 menit dapat menghilangkan kelembapan dan segala jamur di dinding. 

Kegiatan yang biasa dilakukan di pagi hari itu juga berguna untuk meminimalisir polusi yang ada di dalam rumah.

Selain membuka jendela, pastikan Anda menyalakan kipas angin saat memasak, dan jangan merokok di dalam ruangan. Asap bisa terjebak di dalam ruangan untuk waktu yang lama.

Di samping itu, perhatikan alat pembersih yang telah Anda gunakan di rumah. Jangan letakkan di tempat tertutup rapat. Kimia pembersih menghasilkan komponen organik yang mudah menguap.

Penulis : Hedi Basri | Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV/The Guardian


BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Ormas Di Cianjur Bentrok, 1 Tewas

Senin, 27 September 2021 | 13:36 WIB
Berita Daerah

Pengurus Masjid Perketat Pengamanan

Senin, 27 September 2021 | 13:30 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
13:40
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19