Kompas TV nasional peristiwa

Catat! Cuaca Ekstrem Berpotensi Terjadi di 11 Wilayah Indonesia Hari Ini, 29 Juli 2021

Kompas.tv - 29 Juli 2021, 08:45 WIB
catat-cuaca-ekstrem-berpotensi-terjadi-di-11-wilayah-indonesia-hari-ini-29-juli-2021
BMKG memprakirakan cuaca ekstrem akan melanda 11 provinsi Indonesia pada Kamis (29/7/2021). Sebagian daerah juga berpotensi banjir. (Sumber: Tribunnews/Irwan Rismawan)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan lebat mengguyur sejumlah daerah di Indonesia hari ini, Kamis (29/7/2021).

Hujan lebat yang disertai dengan kilat-petir dan angin kencang tersebut diperkirakan terjadi di Aceh, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Papua Barat, dan Papua.

Potensi hujan yang disertai dengan kilat-petir dan angin kencang juga diperkirakan terdapat di wilayah Riau dan wilayah Papua Barat.

Baca Juga: Info Cuaca BMKG Hari Ini, 29 Juli 2021: DKI Jakarta Cerah, Ayo Berjemur

Sementara banjir berpotensi terjadi di Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Papua Barat dan Papua. Adapun angin kencang diperkirakan terjadi di Nusa Tenggara Timur dan Kalimantan Barat.

BMKG menyebutkan hujan dengan intensitas lebat di wilayah perairan berpotensi terjadi di Laut Andaman, Samudra Hindia barat Aceh - Sumatera Barat, Selat Malaka, Selat Makassar bagian Tengah, Teluk Tomini, Laut Banda bagian Barat, Laut Maluku, Laut Arafuru sebelah Selatan Papua dan perairan Utara Papua Barat - Papua.

Selain itu, masyarakat juga perlu mewaspadai potensi gelombang tinggi 4-6 meter di area Perairan Barat Kepulauan Mentawai, Perairan Bengkulu hingga Barat Lampung, Samudra Hindia Barat Kepulauan Mentawai hingga Lampung, Selat Sunda bagian Barat dan Selatan. 

Ketinggian gelombang yang sama diprediksi terjadi di Perairan Selatan Banten hingga Sumbawa, Selat Bali - Lombok - Alas Bagian Selatan, serta Samudra Hindia Selatan Banten hingga Nusa Tenggara Timur.

Baca Juga: Cuaca Ekstrem, Kota-kota di Sekitar Danau Como di Italia Dilanda Banjir dan Longsor



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x