Kompas TV video cerita indonesia

Menikmati Kelezatan Sus Crispy Palembang

Kompas.tv - 29 Juli 2021, 00:00 WIB
Penulis : Herwanto

PALEMBANG, KOMPAS.TV -  Selain menggunakan bahan-bahan sederhana, cara membuat sus kering pun cukup mudah.  Namun jika metodenya keliru, sus kering jadi mudah kempis dan teksturnya tidak renyah. Ada cara membuat sus kering supaya tahan lama.

Berikut tips membuat kue sus kering anti gagal melansir dari Serious Eats dan sumber lainnya.  Baca juga: Apa Itu Kue Sus? Untuk membuat kue sus kering anti gagal kamu perlu memerhatikan takaran bahannya. Terutama pada penggunaan air, tepung terigu, telur, dan margarinnya. 

Dapat membuat adonan sus kering encer dan sulit mengembang.  Dilansir dari "Step by Step 25 Kue Kering ala Sisca Soewitomo" oleh Sisca Soewitomo terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, untuk membuat 250 gram sus kering, kamu membutuhkan 200 mililiter air, 100 gram tepung terigu, empat putih telur, dan 100 gram margarin.

Takaran tersebut bisa berbeda jika kamu tak menimbangnya dengan benar. Oleh karena itu, disarankan untuk memasukkan bahan sedikit demi sedikit.  B 2. Masukkan telur saat adonan dingin  Ketika membuat sus kering, tepung terigu, margarin, dan gula dipanaskan terlebih dulu menggunakan api kecil. 

Adonan tersebut harus diaduk sampai kalis supaya sus kering tidak kempis. Setelah kalis, baiknya dinginkan adonan hingga uap panasnya hilang.  Kemudian, barulah masukkan telur satu per satu sambil diaduk.

Hal ini perlu dilakukan supaya sus kering renyah dan tahan lama.  Jika ingin lebih renyah, kamu boleh menambahkan baking powder ke dalam bahannya. 

3. Panggang dengan dua suhu Tips membuat sus kering anti gagal lainnya ialah dengan memanggangnya di dua suhu. Proses ini dapat membuat sus kering lebih renyah dan tahan lama.  Melansir laman The Spurce Eats, oertama, kamu bisa memanggang sus kering pada suhu tinggi, sekitar 217 derajat celcius selama 10 menit.  Kemudian turunkan suhunya menjadi 190 derajat celcius. Panggang sus kering sekitar 25-30 menit untuk mendapatkan tekstur yang lebih renyah. 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.