Kompas TV internasional kompas dunia

Citra Satelit Ungkap Pembangunan Ratusan Silo Rudal Nuklir China

Rabu, 28 Juli 2021 | 18:52 WIB
citra-satelit-ungkap-pembangunan-ratusan-silo-rudal-nuklir-china
Sejumlah analis di Federasi Ilmuwan Amerika (FAS) mengungkap adanya ladang silo baru yang terdiri dari sekitar 110 silo di dekat kota Hami di provinsi Xinjiang, China. (Sumber: Hans Kristensen and Matt Korda/ FAS)

WASHINGTON, KOMPAS.TV – Para analis di Federasi Ilmuwan Amerika Serikat (FAS) menyatakan, China tengah membangun ladang silo kedua untuk meluncurkan rudal nuklir.

Pembangunan ini disebut dapat menjadi ekspansi paling signifikan dari persenjataan nuklir China yang pernah ada.

Melansir Al Jazeera pada Rabu (28/7/2021), para peneliti AS mendapat temuan itu setelah menganalisa gambar-gambar satelit komersial.

Pada Senin (26/7/2021), ladang yang berlokasi dekat kota Hami di Provinsi Xinjiang itu kemungkinan terdiri dari sekitar 110 silo. Silo merupakan struktur yang digunakan untuk menyimpan bahan curah.

Ladang baru itu terletak sekitar 380 kilometer dari sebuah pangkalan dekat Kota Yumen di Provinsi Gansu.

Di provinsi tetangga ini, sekelompok peneliti lain juga menemukan pembangunan konstruksi 120 silo rudal tengah berjalan pada awal bulan ini.

Baca Juga: China Ancam Serang Jepang dengan Bom Nuklir Jika Ikut Campur Membela Taiwan

Peneliti Matt Korda dan Hans Kristensen menulis, Pasukan Roket Tentara Pembebasan Rakyat China tampaknya tengah membangun 250 silo di Hami, Yumen dan di lokasi pelatihan dekat kota Jilantai di Mongolia Dalam.

Jumlah itu, kata kedua ilmuwan tersebut, menandai peningkatan yang signifikan. Mengingat, selama berpuluh-puluh tahun sebelumnya China hanya mengoperasikan 20 silo untuk bahan bakar cair Rudal Balistik Antarbenua (ICBM) Df-5.

“Jumlah silo baru yang tengah dibangun China melebihi jumlah ICBM berbasis silo yang dioperasikan oleh Rusia, dan melebihi separuh ukuran kekuatan ICBM AS,” tulis para peneliti.

Penulis : Vyara Lestari | Editor : Tito Dirhantoro

Sumber : AL Jazeera


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
19:57
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19