Kompas TV nasional kesehatan

Apakah Daun Kelor Bisa Menangkal Virus Covid-19? Ini Kata Dokter

Kompas.tv - 28 Juli 2021, 15:19 WIB
apakah-daun-kelor-bisa-menangkal-virus-covid-19-ini-kata-dokter
Apakah daun kelor bisa menangkal virus Covid-19? Ini kata dokter (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pandemi yang belum usai membuat siapa saja terus berupaya menjaga daya tahan tubuh agar terhindar dari virus Covid-19.

Salah satunya dengan mengonsumsi daun kelor yang kaya akan kandungan bermanfaat untuk tubuh. Menurut penelitian, daun kelor memiliki semua unsur asam amino essensial yang sangat penting, a meliputi unsur argine, histidine, isoleucine, leusine, lysine, methionine, phenylalinine, threonine, tryptophan, dan valine.

Selain itu, daun kelor juga mengandung protein, lemak, beta carotene (vitamin A), thiamin (vitamin B1), riboflavin (B2), niacin (B3), vitamin C, kalsium, karbohidrat, tembaga, serat, zat besi, magnesium, dan fosfor.

Baca Juga: Waspada Varian Delta, Ini Cara Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

Namun begitu, apakah daun kelor bisa digunakan untuk menangkal virus Covid-19?

Menurut Ketua Sub Bidang Tracing Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19 Dokter Kusmedi Priharto, daun kelor memang sudah diakui bisa digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tahan terhadap penyakit-penyakit.

Bahkan Kusmedi menyebut, menurut Farmakologi ada kandungan berbagai vitamin dan mineral yang bagus untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh ketika mengonsumsi daun kelor.

Kendati demikian, sifat virus Covid-19 yang masih sering bermutasi menyebabkan adanya hal-hal baru terkait penyembuhannya. Terlebih virus Covid-19, kini dapat menular hanya dengan terkena droplet yang keluar dari mulut dan hidung seseorang yang positif terpapar.

Baca Juga: Pengusaha Teh Kelor Bertahan Saat Pandemi Virus Korona

"Tetap saya ingatkan bahwa virus Covid-19 ini adalah virus baru yang masih sering bermutasi sehingga banyak hal-hal baru yang sudah diobati dengan obat A tadinya bisa, tetapi ketika bermutasi menjadi tidak bisa," jelas Dokter Kusmedi dalam penyuluhan virtual, dikutip Kompas TV Rabu (28/7/2021).

Oleh karena itu, Dokter Kusmedi mengingatkan masyarakat untuk mempertahankan diri agar terhindar dari virus Covid-19 dengan tetap patuh terhadap protokol kesehatan utamanya melakukan 3 M, yaitu memasang masker dengan benar, menjaga jarak dua meter, dan mencuci tangan.

"Jadi, protokol 3 M itu adalah sesuatu yang diberikan kepada kita umumnya umat manusia di dunia untuk selalu menjaga kebersihan," kata dia.

Baca Juga: 5 Bahan Makanan Kaya Vitamin D yang Dapat Perkuat Daya Tahan Tubuh



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.