Kompas TV nasional politik

Ketua DPR Sesalkan Kejadian Oknum TNI AU Injak Kepala Orang Papua

Kompas.tv - 28 Juli 2021, 15:15 WIB
ketua-dpr-sesalkan-kejadian-oknum-tni-au-injak-kepala-orang-papua
Ketua DPR RI Puan Maharani (Sumber: Dok. DPR RI)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus
 

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua DPR RI Puan Maharani menyesalkan terjadinya dua oknum TNI AU yang melakukan tindakan penganiayaan terhadap seorang warga Papua. Diketahui, kedua orang tersebut memiting korban dan satunya menginjakkan kaki di kepalanya. 

"Tanpa situasi ini pun, kekerasan oleh aparat terhadap masyarakat sipil yang tidak membahayakan keamanan negara sama sekali tidak boleh dibenarkan,” kata Puan dalam keterangan tertulis, Rabu (28/7/2021). 

Politikus PDIP itu mengapresiasi langkah TNI AU yang cepat merespons insiden tersebut dengan permintaan maaf kepada publik dan menindak dua oknum aparatnya. 

Baca Juga: Fadli Zon Minta 2 Prajurit TNI AU yang Injak Kepala Orang Papua Dipecat

“Dalam situasi yang sedang sulit seperti sekarang, sekecil apa pun tindakan yang kontraproduktif terhadap kebijakan pemerintah, dan berpotensi merusak kepercayaan rakyat, harus benar-benar dihindari,” ujarnya.

Menurut dia, aparat TNI sebagai ujung tombak pertahanan, keamanan, dan penegakan hukum seharusnya mengedepankan pendekatan persuasif dan humanis kepada masyarakat. Terlebih dalam kondisi masyarakat yang sedang sulit karena pandemi sekarang ini.

“Jangan lagi kita mengulangi hidup dalam suasana represif ketika aparat justru menjadi sosok menakutkan bagi rakyat. Aparat seharusnya dijaga, dilindungi dan diayomi,” kata Puan.

Ia menyebut, stabilitas di Papua juga harus menjadi prioritas bagi setiap aparat yang bertugas di sana. Dengan banyak pekerjaan rumah yang masih harus diselesaikan di Papua, jangan lagi ditambah dengan insiden-insiden yang tidak diperlukan seperti di Merauke. 

Baca Juga: Aktivis HAM Papua Minta 2 Anggota TNI yang Injak Kepala Orang Papua Diproses Hukum dan Dipecat

“Menangkan selalu hati rakyat Papua dan seluruh rakyat Indonesia. Kita semua harus fokus pada penanganan pandemi Covid-19, menjaga stabilitas negara dan juga kepercayaan rakyat kepada negara dan aparat-aparatnya. Arahkan energi bangsa ini ke sana,” kata dia.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.