Kompas TV nasional peristiwa

Pengamat: Peran DPR Tidak Jelas Lagi Bagi Rakyat

Kompas.tv - 28 Juli 2021, 14:59 WIB
pengamat-peran-dpr-tidak-jelas-lagi-bagi-rakyat
Spanduk yang bertuliskan Covid-19 Dilarang Masuk terbentang di gerbang masuk DPR RI. (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) periode 2019-2024 dinilai tidak memiliki peran lagi sebagai wakil rakyat.

Penilaian tersebut disampaikan Pengamat Politik dari Formappi Lucius Karius terkait respons DPR yang menyetujui fasilitas isolasi mandiri di hotel.

“Sayangnya DPR malah merespons cepat dengan mengeluarkan aturan soal penyediaan fasilitas isolasi mandiri di hotel. Maka tak jelas lagi peran DPR ini, mereka tiba-tiba menjadi begitu lemah di hadapan pemerintah,” lanjut Lucius Karius, Rabu (28/7/2021).

Lucius mengatakan, semestinya Anggota DPR dengan kewenangan yang dimilikinya mengontrol kebijakan pemerintah.

“Kebijakan pemerintah yang mengizinkan pemberian fasilitas khusus kepada mereka, seharusnya menjadi hal yang harus dikritisi dan jika perlu menggunakan hak-hak istimewa mereka untuk membatalkan kebijakan tersebut,” dia menegaskan.

Baca Juga: Presiden Jokowi Siapkan Rp1,3 Triliun untuk Tangani Limbah Medis Covid-19

Sebab, sambung Lucius, apapun alasan DPR untuk membenarkan kebijakan isolasi mandiri di hotel tetap saja sulit diterima.

Respons DPR yang menyetujui, kata Lucius, mencerminkan Anggota DPR membedakan diri dengan warga negara pada umumnya.

“Apalagi jika pembenaran untuk pemberian fasilitas itu karena mengikuti petunjuk Dirjen perbendaharaan negara,” ujarnya.

“Konyol ketika DPR justru menelan mentah-mentah kebijakan yang hampir pasti akan menyudutkan mereka dan jelas-jelas menggerogoti citra mereka di depan publik,” tambahnya.

Dalam catatan Formappi, Lucius menuturkan sejak awal pandemi publik sudah mendengar beberapa kebijakan atau permintaan fasilitas khusus anggota DPR.

“Mulai dari PCR khusus yang diadakan ketika tes serupa masih terbatas untuk kelompok prioritas,” ujarnya.

“Berikutnya kita mendengar vaksin khusus untuk anggota DPR yang diselenggarakan, ketika stok vaksin umumnya masih terbatas dan prioritas pemerintah masih ditujukan pada kelompok lansia,” lanjutnya.

Baca Juga: Politikus PPP Tak Setuju Pemberian Fasilitas Hotel Bintang 3 ke Wakil Rakyat yang Isolasi Mandiri

Terbaru, sambung Lucius, ada permintaan ICU khusus dan ini ada pula penyediaan fasilitas khusus untuk isolasi mandiri anggota DPR hotel berbintang.

“Karenanya tepat jika dikatakan bahwa anggota DPR kurang memiliki kepedulian atau solidaritas dengan warga negara lain yang juga sangat membutuhkan fasilitas yang layak ketika terpapar covid 19,” tutup Lucius Karius.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x