Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Provinsi Kalbar Bakal Kembangkan Sorgum di Lahan 100 Hektar Tahun 2022

Rabu, 28 Juli 2021 | 13:54 WIB
provinsi-kalbar-bakal-kembangkan-sorgum-di-lahan-100-hektar-tahun-2022
Kegiatan panen sorghum di Kabupaten Mempawah. (Sumber: Kompas.tv/Ant)

PONTIANAK, KOMPAS.TV - Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (Dis TPH) Provinsi Kalimantan Barat mulai melirik pengembangan sorgum sebagai sumber pangan masyarakat. Mereka menargetkan pada 2022 ada 100 hektare.

“Pada 2022 kita akan mengembangkan 100 hektare tanaman sorgum di Kabupaten Mempawah melalui dana atau anggaran dari APBN,” ujar Kepala Seksi Serealia Dinas TPH Provinsi Kalbar, Suyatno di Pontianak, Rabu (28/7/2021), dikutip dari Antara.

Lebih lanjut, Ia mengungkapkan bahwa sejauh ini budidaya sorgum masih dilakukan swadaya oleh petani atau masyarakat di Kabupaten Mempawah Kalbar.

“Kita baru saja panen sorgum di Mempawah. Dalam hal ini, Wakil Bupati Mempawah sangat mengapresiasi pengembangan sorgum dan berterima kasih atas rencanan pengembangan 100 hektare ini,” jelas Suyatno.

Sorgum merupakan tanaman serbaguna yang dapat digunakan sebagai sumber pangan, pakan ternak dan bahan baku industri. Sebagai bahan pangan, Suyatno mengatakan, sorgum berada pada urutan kelima setelah gandum, jagung, padi, dan jelai.

Baca Juga: Jaga Ketahanan Pangan dengan Memanen Sorgum

“Sorgum ini sejenis jagung tapi bijinya di atas dan dapat diolah sebagai bahan baku makanan penganti beras dan bioetanol untuk bahan bakar. Di Mempawah, hasil panen sorghum sudah diolah menjadi tepung untuk bahan baku kue cucur, kue bolu, tapai dan makanan pengganti beras,” dia menjelaskan.

Suyatno juga  menjelaskan bahwa tanaman sorgum adalah tanaman yang mudah dibudidayakan karena selain biaya murah juga bisa ditanam secara tumpang sari dengan padi, kacang tanah dan kedelai atau lainnya.

“Kemudian dalam satu kali panen dapat dipanen lebih dari satu kali sehingga ini produktivitasnya tinggi. Untuk daerah kita juga cocok untuk tanaman ini karena dapat tumbuh di dataran rendah hingga tinggi,” tuturnya.

Baca Juga: Sorgum Menjadi Alternatif Pengganti Padi

Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV/Antara




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
10:50
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19