Kompas TV regional berita daerah

Penyesuaian PPKM, Pasar Klewer Kembali Buka

Kompas.tv - 28 Juli 2021, 09:27 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SOLO, KOMPAS.TV - Pemerintah Kota Solo mulai menerapkan Penyesuaian Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 yang diperpanjang hingga 2 Agustus 2021. Sejumlah pasar yang menjual kebutuhan non esensial diizinkan kembali beroperasi, salah satunya di Pasar Klewer.

Pasar Klewer Solo, Jawa Tengah, pada Selasa (27/07/2021) pagi kembali bergeliat. Para pedagang antusias kembali berjualan di pasar tekstil terbesar di Indonesia ini, dan sempat mati suri saat PPKM darurat kemarin. Tidak sedikit pedagang yang kehilangan penghasilan karena aktivitas pasar ditutup dan tidak memiliki sarana untuk berjualan secara daring.

Meski perpanjangan PPKM level 4 disertai dengan sejumlah kelonggaran, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, mengingatkan kepada pedagang agar protokol kesehatan dijalankan dengan ketat.

"Agar roda ekonominya bisa berputar kembali, tapi sekali lagi meskipun surat edaran (SE) yang baru ini akan keluar dengan adanya kelonggaran tapi tetap prokes harus dijaga karena angka penyebaran Covid-19 masih tinggi. Tapi tidak perlu takut karena angka vaksinasi kita juga paling tinggi," kata Gibran.

Pedagang berharap, pengunjung maupun pedagang waspada memakai masker dan tidak harus diingatkan secara terus menerus, karena dengan memakai masker bisa mencegah penularan Covid-19.

“Harapannya pengunjung maupun pedagang mau sadar memakai masker tanpa  harus “dioyak-oyak”, karena masker menjadi salah satu upaya untuk mencegah penularan Covid-19, bisa lebih sadar diri,” kata Wiwik, pedagang Pasar Klewer.

Ada sejumlah pembatasan yang menjadi syarat dibukanya pasar non esensial. Salah satunya adalah jam buka, yang lebih singkat dibanding hari biasa. Dan juga pengetatan protokol kesehatan yang wajib ditaati oleh semua yang masuk pasar. Evaluasi akan dilakukan setiap hari, untuk memastikan tidak ada pelanggaran. Harapannya semua mematuhi aturan, sehingga tidak ada lagi penutupan pasar. Dengan demikian perekonomian akan semakin bertumbuh, dan bisa memenuhi kebutuhan di tengah pandemi.

#PPKM #GibranRakabumingRaka #Solo



Sumber : Kompas TV Jateng

BERITA LAINNYA



Close Ads x