Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Cukupi Kebutuhan Pasien Covid-19, Dinas Kesehatan Bali Distribusikan 264 Konsentrator Oksigen ke RS

Rabu, 28 Juli 2021 | 08:30 WIB
cukupi-kebutuhan-pasien-covid-19-dinas-kesehatan-bali-distribusikan-264-konsentrator-oksigen-ke-rs
Salah satu bentuk oksigen konsentrator (Sumber: Yuwell)

DENPASAR, KOMPAS.TV – Dinas Kesehatan Provinsi Bali mendistribusikan peralatan berupa konsentrator oksigen ke banyak rumah sakit di seluruh Bali. Langkah ini dilakukan agar kebutuhan oksigen bagi pasien Covid-19 tercukupi.

”Sampai kemarin sudah diterima 264 unit konsentrator oksigen. Peralatan ini diharapkan cukup membantu rumah sakit karena setiap alat digunakan satu pasien,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali Ketut Suarjaya, Selasa (27/7/2021), dikutip dari Kompas.id.

Alat yang merupakan bantuan dari pemerintah pusat tersebut diharapkan membantu rumah sakit, terutama rumah sakit rujukan perawatan kasus Covid-19. Melihat, saat ini situasi melonjaknya kebutuhan oksigen akibat semakin banyaknya pasien Covid-19 di Bali yang memerlukan perawatan.

Suarjaya mengatakan, kebutuhan oksigen untuk rumah sakit di Bali sedang tinggi. Meski demikian, pasokan oksigen bagi rumah sakit diupayakan tetap lancar dan pengirimannya ke rumah sakit juga tetap berjalan.

Secara terpisah, Direktur RSU Tabanan I Nyoman Susila menyampaikan, pihaknya sudah menerima bantuan konsentrator oksigen dan tabung oksigen dari Dinas Kesehatan Provinsi Bali. Cadangan oksigen medis di RSU Tabanan mencukupi kebutuhan sampai dua hari ke depan.

Baca Juga: Oksigen Konsentrator akan Digunakan untuk Terapi Sesak Napas Akibat Covid-19, Apa Itu?

Sebelumnya, ketika memberikan keterangan di Kantor Presiden di Jakarta, Senin (26/7/2021), Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, pemerintah berupaya mengadakan konsentrator oksigen, baik melalui jalur impor maupun dukungan dari negara-negara sahabat, dalam upaya pemenuhan kebutuhan oksigen yang mengalami peningkatan.

Dalam berita yang diakses dari laman Kementerian Komunikasi dan Informatika, Menkes menyatakan, konsentrator oksigen akan didistribusikan ke semua rumah sakit dan tempat isolasi terpusat yang memerlukan.

Adapun dalam rilis Humas Pemprov Bali, Senin (26/7), Gubernur Bali Wayan Koster mengatakan, ketersediaan oksigen di Bali masih cukup dan kebutuhan oksigen dapat dipenuhi. Koster mengakui, perkembangan situasi terkini memang memerlukan kecepatan dalam penyediaan oksigen yang memadai.

”Jadi, dalam konteks ketersediaan oksigen, kami masih bisa jalankan dan kelola dengan baik,” katanya.

Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Iman Firdaus

Sumber : Kompas TV/Kompas.id


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
07:29
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19