Kompas TV internasional kompas dunia

Cuaca Ekstrem, Kota-kota di Sekitar Danau Como di Italia Dilanda Banjir dan Longsor

Rabu, 28 Juli 2021 | 06:45 WIB
cuaca-ekstrem-kota-kota-di-sekitar-danau-como-di-italia-dilanda-banjir-dan-longsor
Bongkahan kayu dan bebatuan memenuhi jalan setelah longsor melanda sebuah ruas jalan di dekat Danau Como di Italia, Selasa (27/7/2021). (Sumber: Vigili del Fuoco via AP)

MILAN, KOMPAS.TV – Kota-kota di sekitar Danau Como di Italia dilanda longsor dan banjir pada Selasa (27/7/2021). Fenomena cuaca ekstrem ini kian meningkat selama beberapa tahun terakhir.

Melansir Associated Press, Rabu (28/7/2021), dinas pemadam kebakaran Italia mengerahkan lebih dari 60 personel setelah badai meluluhlantakkan kawasan danau yang dikelilingi pegunungan di utara Italia ini.

Namun sejauh ini, tak dilaporkan adanya korban jiwa atau korban luka.

Di Brienno, di pesisir barat danau, yang terdampak paling parah, 50 warga terjebak dalam rumah mereka.

Longsor juga menyebabkan kebocoran gas. Di bagian selatan di Cernobbio, tim penyelamat mengevakuasi para penghuni sebuah kondominium yang terendam banjir.

Sejumlah personel pemadam kebakaran mengevakuasi seorang perempuan lansia setelah banjir dan longsor melanda Laglio, di kawasan Danau Como di utara Italia, Selasa (27/7/2021). (Sumber: Vigili del Fuoco via AP)

“Di Italia, kami menghadapi konsekuensi-konsekuensi perubahan iklim, dengan tren menuju (iklim) tropis dan perbanyakan cuaca ekstrem,” kata Coldiretti, komunitas agrikultur Italia.

Badai yang lebih kerap, tiba-tiba dan merusak, curah hujan yang pendek namun intens, dan perubahan cepat dari cuaca cerah ke badai, disebut Coldiretti sebagai konsekuensi perubahan iklim itu.

Baca Juga: Kapal Migran Terbalik dan Tenggelam di Dekat Lampedusa Italia, 16 Orang Tewas

Coldiretti memperkirakan, kerugian produk pertanian, bangunan dan infrastruktur akibat cuaca ekstrem yang dipicu oleh perubahan iklim selama satu dekade terakhir, mencapai 14 miliar Euro, atau setara Rp240 triliun.

Badai yang menghancurkan Danau Como terjadi setelah hujan es sebesar bola tenis merusakkan hampir 100 mobil dan membuat lalu lintas jalan raya dekat Bologna di utara Italia, terhenti.

Penulis : Vyara Lestari | Editor : Gading Persada

Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA


SINAU

Apa itu Banjir Rob? dan Beberapa Penyebabnya

Sabtu, 18 September 2021 | 19:09 WIB
Kesehatan

Anda Stres? Usir dengan 7 Olahraga Ini

Sabtu, 18 September 2021 | 19:02 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
20:07
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19