Kompas TV internasional kompas dunia

Televisi MBC Korsel Minta Maaf Lagi, Kali Ini Seputar Kontroversi Siaran Sepak Bola Olimpiade Tokyo

Kompas.tv - 28 Juli 2021, 06:00 WIB
televisi-mbc-korsel-minta-maaf-lagi-kali-ini-seputar-kontroversi-siaran-sepak-bola-olimpiade-tokyo
Presiden televisi publik Korea Selatan MBC, Park Sung Je, membungkukkan badan dan meminta maaf dalam konferensi pers yang digelar di markas MBC di Sangam-dong, Seoul barat, Korea Selatan, Senin (26/7/2021). (Sumber: MBC)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Gading Persada

SEOUL, KOMPAS.TV – Belum reda kontroversi seputar keterangan stereotip saat penayangan pembukaan Olimpiade Tokyo 2020, televisi Korea Selatan MBC kembali membuat kontroversi. Kali ini seputar penayangan keterangan usai pertandingan sepak bola putra dalam Olimpiade Tokyo pada Minggu (25/7/2021).

Presiden televisi publik Korea Selatan, MBC, Park Sung Je menyatakan permohonan maaf secara terbuka dalam konferensi pers yang digelar di markas MBC di Sangam-dong, Seoul barat, Senin (26/7/2021) sore.

“Hari ini, saya berdiri di hadapan kalian untuk meminta maaf secara terbuka karena telah merusak semangat persahabatan Olimpiade dan saling menghormati. MBC telah menggunakan gambar-gambar dan keterangan yang menyinggung selama peliputan upacara pembukaan Olimpiade Tokyo dan keterangan lain yang tak pantas digunakan saat meliput pertandingan sepak bola antara Korea Selatan dan Rumania pada hari Minggu,” tutur Park seperti dilansir dari The Korea Herald, Senin (26/7/2021).

Baca Juga: TV MBC Korea Selatan Salah Tentukan Lokasi Peta Indonesia di Sarawak Malaysia, KBRI Layangkan Surat

“Sebagai kepala eksekutif konten MBC, dari lubuk hati terdalam, saya memohon maaf dengan kepala tertunduk pada para pemirsa yang kecewa dan atas kesalahan-kesalahan tak termaafkan itu,” ujarnya seraya membungkukkan badan dan kepala selama 3 kali dalam konferensi pers itu.

Pada Sabtu (24/7/2021), MBC mengunggah permohonan maaf formal dalam bahasa Korea dan Inggris di situs web-nya atas kesalahannya saat menayangkan pembukaan Olimpiade Tokyo pada Jumat (23/7/2021).

Namun, insiden serupa ternyata terjadi lagi pada Minggu (25/7/2021) saat  MBC menayangkan keterangan tertulis “Terima kasih, Marin!”, merujuk pada gol bunuh diri pesepak bola Rumania Marius Marin.

Keterangan bernada meledek itu disiarkan di layar televisi MBC saat jeda komersial pertandingan sepak bola itu. Dalam pertandingan sepak bola Grup B itu, Korea Selatan unggul melawan Rumania dengan skor 4 – 0.

Insiden kedua yang terjadi sehari setelah permintaan maaf MBC pada Sabtu itu segera menuai kecaman para pengguna media sosial dan media dalam negeri maupun asing.

 Dalam tayangan pertandingan sepak bola antara Korea Selatan dan Rumania di Olimpiade Tokyo, MBC menayangkan keterangan bernada meledek "Terima kasih Marin, gol bunuh diri" merujuk pada gol bunuh diri yang dilakukan oleh pesepak bola Rumania, Marius Marin.(Sumber: Twitter)

Asosiasi Sepak Bola Rumania menyatakan dalam akun Twitternya, “Stasiun penyiaran publik Korea Selatan MBC telah meledek momen memalukan Marius Marin dengan pesan “Terima kasih Marin, gol bunuh diri”.



Sumber : The Korea Herald

BERITA LAINNYA



Close Ads x