Kompas TV regional kesehatan

RSLKC Bambanglipuro: Terima Persalinan Covid-19 Rujukan Puskesmas dan Saturasi di Bawah 95 Persen

Rabu, 28 Juli 2021 | 04:20 WIB
rslkc-bambanglipuro-terima-persalinan-covid-19-rujukan-puskesmas-dan-saturasi-di-bawah-95-persen
Ilustrasi: Ibu hamil positif Covid-19  (Sumber: Shutterstock/KOMPAS)

BANTUL, KOMPAS.TV - Penanggung Jawab Pelayanan Medis RSLKC Bambanglipuro drg. Tri Wahyuni menyebut pihaknya bisa menerima persalinan Ibu hamil positif Covid-19 terutama yang memiliki saturasi di bawah 95 persen.

Sebab menurutnya, Ibu hamil tanpa gejala bisa melahirkan di puskesmas. Namun begitu, RSLKC Bambanglipuro nantinya akan menerima rujukan dari puskesmas di Bantul.

"Puskemas nanti mem-filter, mana yang harus dirujuk ke rumah sakit dan mana yang ditangani sendiri. Puskemas sekarang sudah bisa menerima persalinan, jika memang levelnya murni Ibu hamil itu tanpa gejala. Kalau saturasi dibawah 95 persen, maka langsung dibawa ke RSLKC," kata drg. Tri Wahyuni, Selasa (27/7/2021).

Baca Juga: RSUP DR Sardjito Tambah 65 Bed ICU Pasien Covid-19, Menteri PUPR: Awal Agustus Siap Dipakai

Menurut dokter Yuyun, sapaan akrabnya, mayoritas Ibu hamil yang positif Covid-19 tertular karena kontak erat keluarga.

Apabila tertular dekat dengan waktu persalinan, maka perlu ada penanganan layanan kesehatan yang perlu didapatkan secara leveling.

Namun begitu, hingga kini RSLKC Bambanglipuro sudah biasa menangani persalinan khusus Ibu hamil Covid-19. Bahkan, per harinya bisa sampai 5 hingga 6 Ibu hamil.

Baca Juga: Indonesia Pertimbangkan Suntikan Penguat atau Booster Vaksin Covid-19 untuk Publik Lebih Luas

Menurutnya, tidak ada perbedaan antara persalinan Covid-19 dan non Covid-19. Hanya saja, khusus yang positif Covid-19 perlu menyiapkan disinfeksi dan sarana lainnya karena Ibu yang melahirkan akan mengeluarkan banyak cairan infeksius.

Perlu diketahui, di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) terdapat dua rumah sakit yang siap menangani persalinan Ibu hamil positif Covid-19.

Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Gading Persada

Sumber : Kompas TV/Tribunnews


BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Perampok Nasabah Bank Diringkus

Senin, 20 September 2021 | 20:36 WIB
Berita Daerah

Enggan Bayar Hutang, Teman Dibacok

Senin, 20 September 2021 | 20:30 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
20:48
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19