Kompas TV regional berita daerah

RSUP DR Sardjito Tambah 65 Bed ICU Pasien Covid-19, Menteri PUPR: Awal Agustus Siap Dipakai

Selasa, 27 Juli 2021 | 23:51 WIB
rsup-dr-sardjito-tambah-65-bed-icu-pasien-covid-19-menteri-pupr-awal-agustus-siap-dipakai
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat groundbreaking Tol Cinere-Jagorawi Seksi 3 Kukusan-Cinere (28/05/2021) (Sumber: Kementerian PUPR)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - RSUP Dr Sardjito tengah mengerjakan proyek pembangunan ruang isolasi Intensive Care Unit (ICU) untuk menanggani pasien Covid-19 di lantai 3 Gedung Parkir RSUP Dr Sardjito.

Rencananya akan ada penambahan 65 tempat tidur (bed). Saat ini, kapasitas RSUP Dr Sardjito telah memiliki 150 ruang ICU rujukan pasien Covid-19. Saat ini ketersediaan Bed Occupancy Ratio (BOR) mencapai 91,89 persen, sehingga butuh adanya penambahan. 

Gedung ICU yang akan dibangun memiliki 65 bed yang terdiri atas, 62 bed untuk perawatan dan dua bed ruang cuci darah pasien Covid-19, serta satu bed untuk penempatan ektracorporeal membrane oxygenator (ECMO) sebagai fasilitas paru-paru  dan jantung pasien Covid-19 masa pemulihan.

Selain itu juga akan penambahan peralatan medis, tenaga kesehatan konsultasi anestesi dan perawat bersertifikat.   “Sebagai rumah sakit rujukan Covid-19, RSUP Dr Sarjito minimal membutuhkan 200 bed ICU untuk melayani kebutuhan masyarakat,” kata Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (Men PUPR) Basuki Hadi Muljono saat meninjau pembangunan gedung ICU, Selasa (27/7/2021).

Pembangunan tambahan 65  ruang ICU ini ditargetkan selesai lima hari lagi atau pada 2 Agustus sudah selesai. Harapannya dua hari setelahnyaa sudah bisa dimanfaatkan untuk menangani pasien. Kementerian Kesehatan akan memberikan alat-alat kesehatan yang akan digunakan dalam ruang ICU.  “Untuk peralatannya akan mulai dikirim dan masuk pada tanggal 30 Juli 2021,” katanya.

Direktur Utama RSUP Dr Sardjito Eniarti mengatakan, pembangunan tambahan ruang ICU tersebut dilengkapan peralatan yang mendukung pelayanan kritis, seperti  ventilator, bedsite monitor dan peralatan medis lainnya.

Semua peralatan disiapkan pemerintah, sedangkan sumber daya manusia (SDM) RSUP Dr Sardjito telah menyipakan tenaga yang sebagian besar dari Badan PPSDM Kemenkes yang memiliki kompetensi keperawatan khusus sesuai dengan kebutuhan.  

“Selain itu kami juga telah menyiapkan dua isotank (tempat tabung oksigen sentral) yang mampu menampung 20 ton oksigen liquid. Dengan daya tampung yang lebih banyak ini, maka kebutuhan oksgen akan lebih terjamin,” katanya.  

Penulis : Herwanto

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


ROSI

Janji Negara Pada Atlet Paralimpiade - ROSI

Senin, 20 September 2021 | 06:15 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
06:53
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19