Kompas TV internasional kompas dunia

TV MBC Korsel Dianggap Diskriminatif Saat Kenalkan Indonesia di Pembukaan Olimpiade, Netizen Ngamuk

Kompas.tv - 28 Juli 2021, 00:40 WIB
tv-mbc-korsel-dianggap-diskriminatif-saat-kenalkan-indonesia-di-pembukaan-olimpiade-netizen-ngamuk
Tangkapan layar penayangan kontingen Indonesia dalam upacara pembukaan Olimpiade Tokyo yang disiarkan oleh televisi MBC Korea Selatan pada Jumat (23/7/2021). (Sumber: Twitter)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Tayangan siaran pembukaan Olimpiade Tokyo yang disiarkan oleh televisi Korea Selatan MBC, ternyata menuai kecaman sengit dari para pengguna media sosial Indonesia.

Netizen Indonesia menganggap MBC bersikap diskriminatif dengan menayangkan keterangan berbeda saat kontingen Indonesia berparade.

Di Twitter, sejumlah pengguna mengecam MBC karena menggunakan keterangan berbeda saat kontingen Indonesia tampil.

Sementara banyak negara lain ditampilkan dengan makanan terbaik mereka, Indonesia justru diperkenalkan dengan tingkat vaksinasi Covid-19 yang rendah, 6 persen.

MBC tidak memasang keterangan tentang produk domestik bruto (PDB) dan tingkat vaksinasi untuk negara-negara lain, jadi mengapa hanya Indonesia,” cuit @ReditaRatliff.

Sejumlah netizen juga mengecam kesalahan MBC yang menunjukkan peta Indonesia yang justru terpusat di utara Pulau Kalimantan.

Padahal, titik itu menunjukkan lokasi wilayah negara bagian Sarawak, Malaysia.

MBC seharusnya menunjukkan Indonesia ke bagian lebih bawah atau selatan dari pulau Kalimantan/Borneo. Ini membingungkan, apakah gambar itu menunjukkan Kalimantan atau Malaysia,” tulis seorang pengguna Twitter, @MatchahLatteh.  

Baca Juga: TV MBC Korea Selatan Salah Tentukan Lokasi Peta Indonesia di Sarawak Malaysia, KBRI Layangkan Surat

Seorang netizen warga Korea mengakui sikap diskriminatif mereka dan meminta maaf pada seluruh rakyat Indonesia.

“Maafkan atas kasus yang terjadi karena stasiun penyiaran MBC kali ini! Bagaimanapun, banyak warga Korea yang juga marah karena (MBC) rasis. Dan kami memang (rasis),” aku @lxx176.



Sumber : Kompas TV/Twitter

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.