Kompas TV internasional kompas dunia

Media Asing Catat Kemajuan, Hari Ini Kasus Baru Covid-19 Turun di 5 Provinsi Pulau Jawa

Selasa, 27 Juli 2021 | 22:46 WIB
media-asing-catat-kemajuan-hari-ini-kasus-baru-covid-19-turun-di-5-provinsi-pulau-jawa
Warga desa dan kerabat menjalankan shalat jenazah bagi dua jenazah korban Covid-19 di pemakaman Cipenjo. Sebagian besar pulau Jawa, 5 dari 6 provinsi, melaporkan perbaikan situasi Covid-19 seperti dilansir Straits Times, Selasa, (27/07/2021) (Sumber: AP Photo/Achmad Ibrahim)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebagian besar Pulau Jawa, pulau terpadat di Indonesia, melaporkan perbaikan situasi Covid-19.

Straits Times yang melansir keterangan Kementerian Kesehatan, Selasa, (27/07/2021) melaporkan, jumlah kasus yang dikonfirmasi di lima dari enam provinsi di Pulau Jawa mengalami penurunan. Kelimanya yaitu Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Yogyakarta, dan Jakarta.

Pemerintah Indonesia mengaitkan penurunan kasus penularan baru di 5 dari 6 provinsi itu dengan pembatasan darurat yang diberlakukan di Jawa dan daerah lain sejak awal bulan ini.

Jawa Tengah adalah satu-satunya provinsi yang mencatat korban meninggal terbanyak secara nasional pada hari Selasa (27/07/2021), di mana korban meninggal akibat Covid-19 di Jawa Tengah melonjak menjadi 417. Angka tersebut 147 lebih banyak dari hari sebelumnya.

Hari Minggu, Presiden Indonesia Joko Widodo memperpanjang lockdown terbatas di sebagian wilayah hingga 2 Agustus.

Dalam rapat koordinasi pemerintah tentang Covid-19 pada Minggu malam, Gubernur Jakarta Anies Baswedan mengatakan ibu kota telah melihat tren penurunan dalam indikator Covid-19.

Baca Juga: 2.069 Orang Meninggal Akibat Covid-19 Dalam 24 Jam, Tersebar di 33 Provinsi Paling Tinggi Jateng

Ilustrasi pelaksanaan pemulasaraan jenazah pasien Covid-19. Jawa Tengah adalah satu-satunya provinsi yang mencatat korban meninggal terbanyak secara nasional pada hari Selasa (27/07/2021), dimana korban meninggal akibat Covid-19 di Jawa Tengah melonjak menjadi 417, 147 lebih banyak dari hari sebelumnya.(Sumber: Kompas TV/Ant)

Seorang pejabat pemerintah yang hadir dalam pertemuan tersebut mengatakan, gubernur Jakarta memberi tahu mereka yang hadir bahwa tingkat kepositifan Jakarta, atau persentase orang yang dites positif virus corona terhadap jumlah keseluruhan yang dites, turun menjadi sekitar 25 persen, dari 36 persen pada minggu sebelumnya.

"Angka itu jauh dari ideal. Kami targetkan turun lagi menjadi 10 persen atau idealnya di bawah lima persen," kata Anies seperti dikutip The Straits Times.

Secara nasional, Indonesia mencatat 40.429 kasus yang dikonfirmasi secara rata-rata, dalam rentang tujuh hari, pada hari Senin (26/07/2021) dan ini merupakan penurunan 18 persen dari angka rata-rata tujuh harian pada 19 Juli, menurut pembaruan harian terbaru kementerian kesehatan.

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Fadhilah

Sumber : Kompas TV/The Straits Times


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
18:46
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19