Kompas TV video sinau

Apa itu Self Healing?

Kompas.tv - 27 Juli 2021, 16:18 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS TV- Setiap orang memiliki ketahanan yang berbeda,baik ketahanan fisik dan jiwa. Jika raga terasa lelah, kita bisa beristirahat,namun bagaimana jika jiwa yang lelah hingga membuat luka?

Luka itu kadang masih membekas dan membayangi diri kemana diri ini pergi, hal tersebut memiliki efek yang buruk,jika tidak segera dipulihkan.

Lantas apa penawar yang sekiranya bisa menyehatkan jiwa lewat diri sendiri ? Maka dari itu .Mari mengenal self healing. Self healing adalah proses pemulihan yang umumnya terjadi akibat gangguan psikologis, trauma, dan semacamnya, karena adanya luka batin masa lalu yang disebabkan oleh diri sendiri atau orang lain.

Menurut ilmu psikologi, self healing adalah proses penyembuhan yang hanya melibatkan diri sendiri untuk bangkit dari penderitaan yang pernah dialami dan memulihkan diri dari luka batin.

Tujuan dari self healing  adalah untuk memahami diri sendiri, menerima ketidaksempurnaan, dan membentuk pikiran positif dari apa yang telah terjadi.

Saat kita  berhasil melakukan self healing, maka kita akan menjadi pribadi yang lebih tegar dalam menghadapi kesulitan, kegagalan, dan trauma di masa lalu.(*)

Grafis: Agus Eko Apriyanto



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x