Kompas TV nasional peristiwa

Jokowi Dorong Perguruan Tinggi untuk Jadi Edutech Institution

Kompas.tv - 27 Juli 2021, 16:00 WIB
jokowi-dorong-perguruan-tinggi-untuk-jadi-edutech-institution
Presiden Joko Widodo (Jokowi) (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar lembaga perguruan tinggi memperkuat posisinya sebagai edutech institution. 

Kepala Negara ini menuturkan perguruan tinggi dapat memanfaatkan teknologi digital dalam proses pengajaran kepada mahasiswa. 

Pernyataan ini dia sampaikan dalam Konferensi Forum Rektor Indonesia Tahun 2021 yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (27/7/2021). 

"Lembaga pendidikan tinggi mau tidak mau harus memperkuat posisinya sebagai edutech institutions. Teknologi paling dasar adalah pembelajaran memanfaatkan teknologi digital," kata Jokowi. 

Digital learning, lanjut dia, bukan hanya digunakan untuk memfasilitasi pengajaran oleh dosen internal kampus kepada mahasiswa.

Namun juga dapat memfasilitasi mahasiswa untuk belajar kepada siapa pun, di mana pun, dan tentang apa pun juga.

Baca Juga: Dewan Guru Besar UI Minta Jokowi Batalkan Hasil Revisi Statuta UI dan Berlakukan yang Lama

"Pembelajaran dari para praktisi, termasuk pelaku industri, sangat penting untuk difasilitasi," tegas Jokowi. 

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga mendorong kurikulum untuk memberikan bobot SKS yang jauh lebih besar bagi mahasiswa untuk belajar dari praktisi dan industri.

"Pengajar dan mentor dari pelaku industri, magang mahasiswa ke dunia industri, dan bahkan industri sebagai tenant di dalam kampus harus ditambah, termasuk organisasi praktisi lainnya juga harus diajak berkolaborasi," jelas Jokowi. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x