Kompas TV regional berita daerah

Solo Dapat Bantuan 150 Unit Oksigen Konsentrator

Kompas.tv - 27 Juli 2021, 13:45 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SOLO, KOMPAS.TV - Pemerintah Kota Solo, Jawa Tengah mendapatkan bantuan oksigen konsentrator dari Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi. Alat ini akan membantu rumah sakit, terkait kebutuhan oksigen bagi pasien.

Oksigen konsetrator ini tiba di Kantor Dinas Kesehatan Kota Solo, Jawa Tengah, Sabtu (24/07/2021) sore. Oksigen konsentrator adalah alat yang bisa mengubah kondisi kandungan oksigen dari udara bebas. Sementara kandungan oksigen udara bebas, biasanya hanya 21 persen. Dan oksigen konsentrator ini, akan mengubahnya menjadi oksigen dengan konsentrasi 90 hingga 95 persen. Dalam arti kata, alat ini mampu mengubah udara bebas menjadi oksigen yang lebih murni dan akan sangat membantu disaat krisis oksigen medis seperti yang terjadi saat ini.

Dinas Kesehatan akan membagi 150 alat ini, ke-15 rumah sakit rujukan Covid-19. Alat ini juga akan digunakan di lokasi isolasi terpusat. Mengingat pentingnya peran oksigen konsentrator ini, Dinas Kesehatan akan memprioritaskan rumah sakit rujukan lini satu dan dua.

“Kepada rumah sakit yang saat ini bermasalah oksigen. Ada 15 rumah sakit dan oksigen yang diterima ada 150 alat, untuk pendistribusiannya ada prosedurnya,” kata Siti Wahyuningsih, Kepala Dinas Kesehatan Kota Solo.

Diharapkan dengan adanya alat ini, kebutuhan oksigen di rumah sakit bisa terbantu. Apalagi Kota Solo juga menerima bantuan tabung dan oksigen seberat 14 ton hingga dua tahap. Namun tetap saja kebutuhan oksigen di Solo, mencapai 50 ton per hari.

#solo #oksigen #dinaskesehatan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x