Kompas TV video internasional

Sejumlah Alutsista Turut Meramaikan Navy Day Parade ke-325 Rusia

Kompas.tv - 27 Juli 2021, 10:15 WIB
Penulis : Aryo bimo

SAINT PETERSBURG, KOMPAS.TV - Warga Rusia menikmati Parade Hari Angkatan Laut atau Navy Day Parade di sepanjang tepi Sungai Neva, di Saint Petersburg, Minggu (25/7/2021).

Parade itu sekaligus menandai peringatan 325 tahun berdirinya Angkatan Laut Rusia oleh Kaisar Peter Yang Agung (Pyotr Velikiy).

Baca Juga: Militer Rusia Gelar Latihan Persiapan Parade Angkatan Laut

Sekitar 4.000 pelaut, 54 kapal, perahu dan kapal selam, serta 48 pesawat penerbangan Angkatan Laut dan helikopter berpartisipasi dalam parade.

Sejumlah kapal perang dari negara sahabat dari Angkatan Laut Iran, Pakistan, dan India, turut hadir dalam parade itu.

"Kapal perang itu indah. Keponakan saya bertugas dalam penjaga kehormatan dan hari ini saya hadir untuk mendukungnya," kata salah seorang warga yang datang untuk menonton parade.

Baca Juga: Penampakan Zulfiquar, Frigat Pakistan yang Bersiap Ikuti Navy Day Parade Rusia

"Saya sangat suka bagian terakhir ketika formasi pesawat melakukan hal itu, meninggalkan aliran asap di belakang untuk membentuk bendera nasional Rusia," kata warga yang lain.

Angkatan Laut Rusia memiliki semua yang dibutuhkan untuk membela negara dan kepentingan nasionalnya, kata Presiden Rusia Vladimir Putin ketika berpidato dalam upacara tersebut.

Putin meninjau pasukan dan mengucapkan selamat kepada para pelaut dan veteran pada hari libur yang ditandai setiap tahun pada Hari Minggu terakhir bulan Juli.

Video Editor: Mukhammad Rengga



Sumber : CCTV

BERITA LAINNYA



Close Ads x