Kompas TV internasional kompas dunia

Inilah Keluarga Sederhana Presiden Terpilih Peru Pedro Castillo, dari Pedalaman Pindah ke Ibukota

Kompas.tv - 27 Juli 2021, 06:09 WIB
inilah-keluarga-sederhana-presiden-terpilih-peru-pedro-castillo-dari-pedalaman-pindah-ke-ibukota
Calon ibu negara Peru, Lilia Paredes, 48, menyalakan api di tungku pembakaran kayu di rumahnya di dusun pedesaan Chugur, Peru, Kamis, 22 Juli 2021. Suaminya, Pedro Castillo yang berhaluan kiri, adalah presiden terpilih dengan dukungan warga miskin dan pedesaan di negara itu (Sumber: AP Photo/Franklin Briceno)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Iman Firdaus

CHUGUR, KOMPAS.TV — Rumah pedesaan dua lantai sederhana milik keluarga Pedro Castillo, presiden terpilih Peru,  yang terletak di salah satu distrik termiskin dengan lokasi terpencil di pegunungan Andes, sekarang terasa sedikit hampa.

Lilia Paredes, calon ibu negara dan istri presiden terpilih Peru, seminggu terakhir sibuk mengemasi barang-barang keluarga, melipat baju suaminya dengan rapi dan mengambil beberapa piring dan sendok garpu di sela-sela kunjungan petani dari desa terdekat yang mampir untuk mengucapkan selamat tinggal.

Istana kepresidenan bergaya neo-barok menunggu Paredes dan suaminya, Presiden terpilih Peru Pedro Castillo, beserta dua anak mereka, jika keluarga itu memilih untuk tinggal di gedung bersejarah itu.

Pedro Castillo, akan dilantik sebagai presiden Peru hari Rabu, (28/07/2021), kurang dari dua minggu setelah ia dinyatakan sebagai pemenang pemilihan presiden putaran kedua 6 Juni lalu.

Baca Juga: Pedro Castillo, Pak Guru di Pedesaan itu Kini Jadi Presiden Baru Peru

Calon ibu negara Peru, Lilia Paredes, 48, mengurus sapi mereka di halaman belakang rumah di dusun pedesaan Chugur, Peru, Kamis, 22 Juli 2021. Suaminya, Pedro Castillo yang berhaluan kiri, adalah presiden terpilih dengan dukungan warga miskin dan pedesaan di negara itu (Sumber: AP Photo/Franklin Briceno)

Pedro Castillo adalah seorang guru dari pedesaan terpencil, dengan pemikiran politik condong ke kiri, atau sosialisme, dan belum pernah memegang jabatan publik.

Castillo mengalahkan lawannya, politisi karir sayap kanan kaya raya, Keiko Fujimori, dengan selisih hanya 44.000 suara.

Paredes tidak yakin di mana dia, suami, dan dua anaknya akan tinggal mulai Rabu nanti, dan dia juga belum tahu di mana anak-anak akan pergi ke sekolah setelah kelas dimulai.

"Kami tidak memiliki properti di Lima," katanya kepada The Associated Press minggu lalu di terasnya yang berkabut di Chugur sambil menggosok tangannya di tengah dinginnya musim dingin Andes.

Baca Juga: Pedro Castillo, Guru SD dan Petani yang Jadi Calon Kandidat Presiden Peru

Calon ibu negara Peru, Lilia Paredes, 48, melipat baju yang baru kering dari jemuran di rumahnya di dusun pedesaan Chugur, Peru, Kamis, 22 Juli 2021. Suaminya, Pedro Castillo yang berhaluan kiri, adalah presiden terpilih dengan dukungan warga miskin dan pedesaan di negara itu (Sumber: AP Photo/Franklin Briceno)

“Kami orang pedesaan, dan hampir selalu, (orang-orang dari) provinsi harus menunggu bertahun-tahun untuk memiliki properti di ibu kota. Jika mereka menyuruhku tinggal di tempat lain, itu juga akan sama, kita bukan raja untuk tinggal di istana, kita orang bekerja.” kata Lilia.

Pendukung terbesar Castillo adalah warga miskin dan pedesaan di Peru. Dia mempopulerkan ungkapan "Tidak ada lagi yang miskin di negara kaya," dan mengejutkan jutaan orang Peru serta pengamat karena berhasil maju ke putaran kedua pemilu presiden.

Perekonomian Peru, produsen tembaga terbesar kedua di dunia, hancur oleh pandemi Covid-19, membuat rakyat miskin dan kemiskinan melonjak hingga hampir sepertiga dari populasi serta menghapus begitu saja keuntungan dari kerja keras dalam satu dekade terakhir.

Baca Juga: Aksi Protes Soal Hasil Pilpres 2021 di Istana Peru

Presiden terpilih Peru Pedro Castillo, kiri, berfoto dengan Presiden sementara Francisco Sagasti di istana negara setelah pertemuan transisi, di Lima, Peru, Rabu, 21 Juli 2021. Castillo akan dilantik pada 28 Juli 2021 (Sumber: AP Photo/Gudalupe Pardo)


Sumber : Kompas TV/Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.