Kompas TV internasional kompas dunia

Inilah Keluarga Sederhana Presiden Terpilih Peru Pedro Castillo, dari Pedalaman Pindah ke Ibukota

Selasa, 27 Juli 2021 | 06:09 WIB
inilah-keluarga-sederhana-presiden-terpilih-peru-pedro-castillo-dari-pedalaman-pindah-ke-ibukota
Calon ibu negara Peru, Lilia Paredes, 48, menyalakan api di tungku pembakaran kayu di rumahnya di dusun pedesaan Chugur, Peru, Kamis, 22 Juli 2021. Suaminya, Pedro Castillo yang berhaluan kiri, adalah presiden terpilih dengan dukungan warga miskin dan pedesaan di negara itu (Sumber: AP Photo/Franklin Briceno)

CHUGUR, KOMPAS.TV — Rumah pedesaan dua lantai sederhana milik keluarga Pedro Castillo, presiden terpilih Peru,  yang terletak di salah satu distrik termiskin dengan lokasi terpencil di pegunungan Andes, sekarang terasa sedikit hampa.

Lilia Paredes, calon ibu negara dan istri presiden terpilih Peru, seminggu terakhir sibuk mengemasi barang-barang keluarga, melipat baju suaminya dengan rapi dan mengambil beberapa piring dan sendok garpu di sela-sela kunjungan petani dari desa terdekat yang mampir untuk mengucapkan selamat tinggal.

Istana kepresidenan bergaya neo-barok menunggu Paredes dan suaminya, Presiden terpilih Peru Pedro Castillo, beserta dua anak mereka, jika keluarga itu memilih untuk tinggal di gedung bersejarah itu.

Pedro Castillo, akan dilantik sebagai presiden Peru hari Rabu, (28/07/2021), kurang dari dua minggu setelah ia dinyatakan sebagai pemenang pemilihan presiden putaran kedua 6 Juni lalu.

Baca Juga: Pedro Castillo, Pak Guru di Pedesaan itu Kini Jadi Presiden Baru Peru

Calon ibu negara Peru, Lilia Paredes, 48, mengurus sapi mereka di halaman belakang rumah di dusun pedesaan Chugur, Peru, Kamis, 22 Juli 2021. Suaminya, Pedro Castillo yang berhaluan kiri, adalah presiden terpilih dengan dukungan warga miskin dan pedesaan di negara itu (Sumber: AP Photo/Franklin Briceno)

Pedro Castillo adalah seorang guru dari pedesaan terpencil, dengan pemikiran politik condong ke kiri, atau sosialisme, dan belum pernah memegang jabatan publik.

Castillo mengalahkan lawannya, politisi karir sayap kanan kaya raya, Keiko Fujimori, dengan selisih hanya 44.000 suara.

Paredes tidak yakin di mana dia, suami, dan dua anaknya akan tinggal mulai Rabu nanti, dan dia juga belum tahu di mana anak-anak akan pergi ke sekolah setelah kelas dimulai.

"Kami tidak memiliki properti di Lima," katanya kepada The Associated Press minggu lalu di terasnya yang berkabut di Chugur sambil menggosok tangannya di tengah dinginnya musim dingin Andes.

Baca Juga: Pedro Castillo, Guru SD dan Petani yang Jadi Calon Kandidat Presiden Peru

Calon ibu negara Peru, Lilia Paredes, 48, melipat baju yang baru kering dari jemuran di rumahnya di dusun pedesaan Chugur, Peru, Kamis, 22 Juli 2021. Suaminya, Pedro Castillo yang berhaluan kiri, adalah presiden terpilih dengan dukungan warga miskin dan pedesaan di negara itu (Sumber: AP Photo/Franklin Briceno)

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Iman Firdaus

Sumber : Kompas TV/Associated Press


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
04:00
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19