Kompas TV internasional kompas dunia

Yasmine Al-Dabbagh Cetak Sejarah, Sprinter Perempuan Arab Saudi di Olimpiade Tokyo 2020

Selasa, 27 Juli 2021 | 03:25 WIB
yasmine-al-dabbagh-cetak-sejarah-sprinter-perempuan-arab-saudi-di-olimpiade-tokyo-2020
Yasmine Al-Dabbagh, sprinter perempuan Arab Saudi yang akan turun di nomor 100 meter hari Jumat, 30 Juli 2021 di Olimpiade Tokyo 2020, seperti dilaporkan Arab News, Selasa, 27 Juli 2021 (Sumber: Arab News)

TOKYO, KOMPAS.TV - Baru beberapa pekan lalu, Yasmine Al-Dabbagh adalah seorang sprinter tak dikenal asal Arab Saudi yang punya mimpi besar.

Hari Jumat malam, seperti dilansir Arab News, Selasa, (27/07/2021), seluruh dunia melihat wajahnya saat dia, bersama atlet dayung Arab Saudi Husein Alireza, mendapat kehormatan membawa bendera Arab Saudi pada upacara pembukaan Tokyo 2020.

Bagi atlet perempuan berusia 23 tahun itu, seperti halnya delegasi Olimpiade Arab Saudi yang beranggotakan 33 orang, tidak ada kehormatan yang lebih besar daripada mewakili negaranya.

“Ini sangat berarti bagi saya, terutama menjadi bagian dari tim yang beragam dan luas yang mewakili begitu banyak kegiatan yang berbeda,” kata Al-Dabbagh kepada Arab News.

Mulai dari judo, tenis meja, dayung, karate, panahan, angkat besi, renang, menembak, dan sepak bola. Sektor olahraga di Arab Saudi telah menyaksikan pertumbuhan dan investasi yang belum pernah terjadi sebelumnya, berkat Visi 2030 Putra Mahkota (Mohammed bin Salman), kata Yasmin.

“Sebagai atlet Saudi, kami semua bangga dengan peran penting yang dimainkan olahraga dalam transformasi negara. Kami memiliki ekosistem olahraga yang hebat, yang memungkinkan kami untuk tampil di level tertinggi dan saya tidak sabar untuk pergi ke lintasan atletik, untuk membayar kepercayaan itu dengan melakukan yang terbaik dari kemampuan saya.”

Al-Dabbagh akan tampil dalam debutnya di nomor atletik 100 meter di Stadion Olimpiade Tokyo pada hari Jumat, 30 Juli.

Baca Juga: Arab Saudi Mulai Buka Akses Umrah untuk Jemaah Internasional, Indonesia Masih Ditangguhkan

Yasmine Al-Dabbagh, sprinter perempuan Arab Saudi yang akan turun di nomor 100 meter hari Jumat, 30 Juli 2021 di Olimpiade Tokyo 2020, seperti dilaporkan Arab News, Selasa, 27 Juli 2021 (Sumber: Arab News)

“Sejak saya ingat, olahraga selalu menjadi hasrat saya,” kata Al-Dabbagh. “Ketika saya masih menjadi siswa di Jeddah Knowledge School, saya menyukai segalanya mulai dari bola basket, renang, bola voli, dan senam.

“Trek dan lapangan punya tempat istimewa di hati saya. Saat berlari, suara langkah kaki saya di trek yang memberi saya perasaan yang sangat spesifik, dan perasaan itu membuat saya kembali lagi. Itu adalah perasaan diberdayakan, kuat, dan percaya diri," kata atlet perempuan Arab Saudi tersebut.

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

Sumber : Arab News


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
02:27
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19