Kompas TV internasional kompas dunia

Melarikan Diri dari Taliban, Puluhan Tentara Afghanistan Menyeberang ke Pakistan

Kompas.tv - 27 Juli 2021, 02:25 WIB
melarikan-diri-dari-taliban-puluhan-tentara-afghanistan-menyeberang-ke-pakistan
Tentara nasional Afghanistan. (Sumber: AP Photo/Rahmat Gul, File)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Hariyanto Kurniawan

ISLAMABAD, KOMPAS.TV – Puluhan tentara Afghanistan menyelinap melintasi perbatasan ke Pakistan barat-laut. Tentara Afghanistan melarikan diri setelah pos perbatasan mereka direbut dan dikuasai oleh Taliban. Hal itu diungkapkan militer Pakistan pada Senin (26/7/2021).

Melansir Associated Press, Selasa (27/7/2021), 46 tentara Afghanistan, termasuk 5 perwira, menyeberangi perbatasan pada Minggu (25/7/2021) malam dekat kota perbatasan Pakistan, Chitral di provinsi Khyber Pakhtunkhwa.

Militer Pakistan menyatakan, “Tentara Afghanistan telah disediakan makanan, perlindungan dan perawatan medis yang diperlukan sesuai dengan norma militer yang ditetapkan.”

Militer Pakistan juga menyebut telah menginformasikan otoritas Afghanistan atas perkembangan itu.  

Baca Juga: Taliban Kembali Merajai, Tentara Afghanistan Kabur ke Tajikistan, Sejumlah Negara Tutup Konsulat

Namun, pada Senin (26/7/2021), pemerintah Afghanistan membantah pasukannya melintasi perbatasan ke Pakistan.

“Masalah ini tidak benar. Tak ada personel militer Afghanistan yang mencari perlindungan di Pakistan. Sensitivitas yang dimiliki seluruh rakyat Afghanistan terhadap Pakistan, dan terutama militer kami, sudah jelas bagi semua,” tegas Jenderal Ajmal Omer Shinwari, juru bicara Pasukan Pertahanan dan Keamanan Nasional Afghanistan dalam konferensi pers di ibu kota Afghanistan, Kabul.

Baik Pakistan maupun Afghanistan tak menyediakan informasi terkait pertempuran yang terjadi di perbatasan di sisi Afghanistan. Tak menggubris bantahan Afghanistan, militer Pakistan menyatakan bahwa penyeberangan perbatasan militer Afghanistan “telah terkonfirmasi”.

Selama beberapa pekan terakhir, Taliban dalam waktu singkat berhasil menguasai sejumlah wilayah di Afghanistan. Taliban juga merebut perlintasan perbatasan strategis yang berbatasan dengan sejumlah negara tetangga. Taliban bahkan mengancam akan merebut sejumlah ibu kota provinsi.

Sepak terjang Taliban kian cepat seiring penarikan pasukan Amerika Serikat (AS) dan NATO dari Afghanistan hampir mencapai tahap akhir.



Sumber : Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.