Kompas TV internasional kompas dunia

Sejumlah Dokter Kontrak di Malaysia Gelar Unjuk Rasa, Tuntut Kesetaraan

Senin, 26 Juli 2021 | 23:35 WIB
sejumlah-dokter-kontrak-di-malaysia-gelar-unjuk-rasa-tuntut-kesetaraan
Ratusan dokter kontrak di rumah sakit Malaysia yang dikelola pemerintah melakukan pemogokan Senin (26/07/2021). (Sumber: Arif Kartono/France24 via AFP)

SUNGAI BULOH, KOMPAS.TV - Ratusan dokter junior di rumah sakit Malaysia yang dikelola pemerintah melakukan pemogokan. Para dokter kontrak ini menuntut kondisi yang lebih baik, karena negara itu menghadapi wabah virus corona terburuk.

Mengenakan pakaian hitam dan memegang tanda dengan slogan-slogan termasuk "gaji yang setara, hak yang setara, kesempatan yang setara", dan "kami adalah spesialis masa depan Anda", mereka memprotes fasilitas medis nasional Malaysia.

Para dokter muda itu terikat kontrak untuk jangka waktu tertentu. Mereka mengatakan perawatan negara atas keamanan dan kesejahteraan terhadap mereka lebih buruk daripada staf tetap atau PNS pemerintah, bahkan ketika para dokter kontrak itu berada di garis depan perang melawan Covid-19.

Mereka mengeluhkan kurangnya keamanan kerja, tunjangan yang buruk dan sangat sedikit yang akhirnya ditawari posisi permanen.

"Kami ingin hak yang sama, menjadi dokter permanen," kata seorang petugas medis di rumah sakit pemerintah yang merawat pasien virus di luar Kuala Lumpur.

"Kami pasti tidak akan berada di sini jika kami diperlakukan dengan adil. Kami harus diapresiasi atas apa yang kami lakukan," kata dokter yang tidak mau disebutkan namanya itu kepada wartawan, seperti dilaporkan France24, Senin, (26/07/2021)

Baca Juga: Didakwa Korupsi, Mantan Menpora Malaysia Syed Saddiq Bersumpah Akan Bersihkan Nama Baiknya

Seorang tenaga kesehatan (nakes) tengah mempersiapkan 1 dosis vaksin Covid-19 besutan Pfizer untuk disuntikkan pada seorang perempuan tua di rumahnya di kawasan pedesaan Sabab Bernam, Selangor tengah, Malaysia, Selasa (13/7/2021). (Sumber: AP Photo/Vincent Thian)

Petugas medis dengan status kontrak itu tampil di antara puluhan orang yang ambil bagian dalam aksi di rumah sakit yang berlangsung sekitar setengah jam itu.

Media lokal Malaysia melaporkan beberapa ratus tenaga dokter kontrak berpartisipasi di seluruh Malaysia, tetapi beberapa dokter mengeluh mereka diancam oleh polisi dan staf rumah sakit senior dalam upaya untuk menghentikan protes dan unjuk rasa.

Mereka yang terlibat mengatakan dokter senior mengambil alih tugas mereka sebelum mereka keluar, untuk memastikan perawatan pasien tidak terganggu sama sekali.

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

Sumber : France24


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
03:53
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19