Kompas TV internasional kompas dunia

Singapura Berencana Izinkan Perjalanan Tanpa Karantina Mulai September Nanti

Senin, 26 Juli 2021 | 23:02 WIB
singapura-berencana-izinkan-perjalanan-tanpa-karantina-mulai-september-nanti
Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong menerima suntikan vaksinasi Covid-19 di Singapore General Hospital, Jumat (08/01/2021). Pemerintah Singapura akan memberi izin perjalanan bebas karantina bagi pelancong yang sudah menerima dosis penuh dua kali suntikan vaksin Covid-19 mulai September nanti, (Sumber: Singapore Ministry of Communication and Information/Antara)

SINGAPURA, KOMPAS.TV - Pemerintah Singapura akan memberi izin perjalanan bebas karantina bagi pelancong yang sudah menerima dosis penuh dua kali suntikan vaksin Covid-19 mulai September 2021 mendatang. Tepatnya saat 80 persen penduduk Singapura sudah menjalani vaksinasi, seperti laporan Antara, Senin (26/07/2021).

Untuk kebijakan itu, Menteri Keuangan Singapura Lawrence Wong mengatakan, Singapura akan membangun koridor perjalanan dengan negara atau wilayah dengan Covid-19 terkendali.

Pelancong yang telah menjalani vaksinasi mungkin tidak perlu dikarantina atau akan mendapat izin menjalani isolasi di rumah.

Singapura juga akan meninjau apakah akan melonggarkan pembatasan pada awal Agustus, ketika dua pertiga dari populasinya akan sepenuhnya mendapat vaksinasi Covid-19.

"Pelonggaran akan dibedakan dan diperluas hanya untuk orang-orang yang divaksin, karena mereka jauh lebih terlindungi dari efek virus. Jika Anda ingin pergi makan di restoran atau berolahraga di pusat kebugaran, Anda harus divaksin sepenuhnya," kata Wong.

Pekan lalu, Singapura memperketat pembatasan sosial, termasuk menghentikan makan di restoran dan melarang pertemuan lebih dari dua orang selama satu bulan, setelah peningkatan angka penularan baru.

Lebih dari separuh penduduk negara sudah menerima dua dosis vaksin Pfizer-BioNTech atau Moderna.

Baca Juga: Singapura Lockdown Lagi Mulai 22 Juli 2021 Hingga 18 Agustus 2021

Singapura akan membangun koridor perjalanan dengan negara atau wilayah dengan Covid-19 terkendali, setelah pelaksanaan kebijakan bebas karantina September 2021 nanti. (Sumber: Straits Times)

Singapura telah memvaksinasi hampir 75 persen dari 5,7 juta penduduknya dengan setidaknya satu dosis vaksin, tingkat tertinggi kedua di dunia di belakang Uni Emirat Arab, menurut catatan Reuters.

Ketika negara-negara dengan kampanye vaksinasi lanjutan bersiap untuk hidup dengan Covid-19 sebagai penyakit endemik, fokus mereka beralih ke pencegahan kematian dan penyakit serius melalui vaksinasi.

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Fadhilah

Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
16:10
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19