Kompas TV video sinau

Memilih Jenis Olahraga,Tergantung Kepribadian?

Kompas.tv - 26 Juli 2021, 19:38 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS TV-  Saat berolahraga  bersama dengan teman,kadang kita merasa iri,kenapa kita sudah loyo? Sementara teman kita masih semangat.  Tanpa merasa lelah. Padahal olahraganya sama,waktu memulai olahranganya juga sama.

Kemudian kita kecewa dan merasa tidak ditakdirkan untuk berolahraga. Lantas kenapa bisa terjadi seperti itu?

Sebenarnya tidak ada olahraga yang cocok untuk semua orang. Riset membuktikan bahwa kepribadian seseorang menentukan aktivitas fisik yang cocok dilakukan.

Jadi,supaya tekad untuk berolahraga semakin kuat,kuncinya kita harus menemukan jenis olahraga yang disukai sesuai dengan kepribadian. Supaya kita juga senang dan semangat dalam menjalaninya.

Menurut temuan yang dipresentasikan di konferensi tahunan the British Psychological Society Division of Occupational Psychology,orang yang  ekstrovert lebih suka menghabiskan waktu di gym sebagai tempat olahraga favorit mereka.

Tak jarang juga,orang yang hidupnya teratur juga lebih memilih gym, terutama ketika harus datang dengan rencana latihan yang ketat dengan jadwal yang mengatur apa yang harus dilakukan setiap hari.

Untuk orang yang berkepribadian ekstrovert,berolahraga bersama banyak orang justru membuat mereka semakin semangat.

Sementara orang yang memiliki jiwa kreatif,lebih memilih olahraga di luar rumah,seperti berlari,atau bersepeda

Bisa jadi,orang-orang kreatif tertarik pada pemandangan yang menakjubkan,  mungkin juga rasa cinta mereka terhadap alam bebas menumbuhkan kreativitas itu sendiri.

Dalam penelitian lain juga menunjukan bahwa,alam bebas ternyata mampu memicu kreativitas

Contohnya riset yang dilakukan oleh PLos One, dalam riset itu peneliti menemukan , peserta lebih kreatif dan memiliki kemampuan pemecahan masalah lebih baik setelah menghabiskan empat hari di alam bebas.(*)

Grafis: Agus Eko Apriyanto



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x