Kompas TV internasional kompas dunia

Ribuan Tentara Perempuan Inggris Alami Pelecehan dan Perundungan

Senin, 26 Juli 2021 | 19:22 WIB
ribuan-tentara-perempuan-inggris-alami-pelecehan-dan-perundungan
Tentara perempuan Inggris di Kandahar, Afghanistan. 64 persen tentara veteran perempuan dan 58 persen tentara perempuan yang masih aktif bertugas saat ini di Inggris dilaporkan pernah mengalami perundungan, pelecehan dan diskriminasi selama karier mereka, seperti dilansir Xinhua, 26 Juli 2021. (Sumber: Getty/independent.co.uk)

LONDON, KOMPAS.TV -- Sebanyak 64 persen tentara veteran perempuan dan 58 persen tentara perempuan yang masih aktif bertugas di Inggris dilaporkan pernah mengalami perundungan, pelecehan, dan diskriminasi selama karier mereka. Hal itu berdasar laporan parlemen pada Minggu (25/07/2021).

Diterbitkan oleh Subkomite Pertahanan Perempuan  Angkatan Bersenjata di House of Commons (majelis rendah Parlemen Inggris), laporan itu menyebutkan terdapat bukti yang "sangat mengejutkan" terkait praktik perundungan, pelecehan seksual, penyerangan seksual, dan pemerkosaan yang menimpa para prajurit perempuan.

Pada saat yang sama, sebagian besar tentara perempuan yang menanggapi survei komite itu mengungkapkan, mereka tidak percaya militer lantaran sudah cukup berupaya mengatasi masalah tersebut mengingat enam dari 10 tentara perempuan tidak melaporkan perundungan, pelecehan, dan diskriminasi yang mereka alami.

"Dari mereka yang mengajukan komplain, sepertiga menilai pengalamannya 'sangat buruk'," imbuh laporan itu.

"Sayangnya, kisah yang kami dengar menunjukkan gambaran yang sulit tentang perempuan di militer. (Seperti) laporan tentang perundungan, pelecehan, diskriminasi, perilaku 'sembrono', serta terkadang serangan seksual dan pemerkosaan yang serius. Sistem pengaduan, sebagaimana adanya, sangat tidak memadai dan membuat sebagian besar merasa tidak mampu untuk menyampaikan (permasalahan mereka)," kata veteran militer Sarah Atherton yang memimpin subkomite tersebut.

Baca Juga: Sebagian Pejabat Senior Inggris Yakin Covid-19 Bisa Ditularkan Melalui Kentut

Ilustrasi Tentara Inggris. Enam dari 10 tentara perempuan Inggris tidak melaporkan perundungan, pelecehan, dan diskriminasi yang mereka alami, seperti laporan Xinhua, 26 Juli 2021. (Sumber: AP Photo)

Dia mengatakan, komite itu mendengar adanya dugaan perwira senior yang menyembunyikan berbagai pengaduan untuk melindungi reputasi dan karier mereka sendiri.

"Jelas dari laporan ini bahwa lebih banyak upaya bisa dan harus dilakukan untuk melindungi serta menyediakan kebutuhan bagi prajurit dan veteran perempuan, yang terlalu sering dikecewakan oleh Kementerian Pertahanan. Di mana ada ketidakadilan, perbaikan harus dilakukan.

Masalah serangan seksual dan pemerkosaan di militer ini sangat mendesak," kata Tobias Ellwood, Ketua Komite Pertahanan House of Commons. 

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Fadhilah

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
13:44
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19