Kompas TV nasional peristiwa

Ini Kata Mendagri Tito Soal Aturan Waktu 20 Menit Makan di Warteg

Kompas.tv - 26 Juli 2021, 20:11 WIB
Penulis : Theo Reza

JAKARTA, KOMPAS.TV – Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menilai waktu 20 menit cukup bagi warga untuk makan di suatu tempat.

Hal ini disampaikan Tito Karnavian usai rapat terbatas dengan Presdien Joko Widodo.

Saya kira tolong masyarakat juga bisa memahami kenapa perlu ada batas waktu tersebut. Prinsipnya saya kira 20 menit cukup bagi kita untuk makan di suatu tempat," kata Tito

Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kerumunan di tempat makan yang berpotensi meningkatkan penyebaran Covid-19.

"Jadi makan tanpa banyak bicara dan kemudian 20 menit cukup, setelah itu memberikan giliran kepada anggota masyarakat yang lain," katanya.

Baca Juga: Aturan Makan di Tempat 20 Menit, Begini Situasi Salah Satu Warteg di Jakarta

Dalam penerapannya, Tito menyerahkannya kepada petugas lapangan mulai dari Satpol PP, Polisi dan TNI serta juga memberi pengertian kepada pemilik warung dan pembeli agar aturan tersebut berjalan efektif.

"Ini masalah eksekusi, itu kan kebijakan, eksekusnya tentu kita sangat berharap kepada para penegak aturan tersebut, mulai dari pemerintah daerah, Satpol PP, kemudian didukung oleh rekan-rekan Polri dan TNI, serta pelaku usahanya sendiri dan juga sekaligus kepada masyarakat. Jadi memang ada tiga pihak yang penting untuk bisa efektifnya berlaku aturan ini,"ujar Tito.

Video Editor: Vila Randita



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Kantor Bulog Poso Terbakar

16 April 2024, 13:55 WIB

Close Ads x