Kompas TV klik360 sinau

Lebih Dekat dengan Pencak Silat

Senin, 26 Juli 2021 | 20:07 WIB

KOMPAS TV- Pencak silat sudah ada sejak nenek moyang dan diwariskan secara  turun temurun. Tanggal 12 desember 2019 lalu ,di Kolombia,pencak silat telah ditetapkan  sebagai warisan budaya tak benda. Oleh United Nations Educational Scientific and Cultural Organization (UNESCO). Jika dilihat,pencak silat seperti gerakan menari,namun penuh tenaga,dan bisa melumpuhkan lawan.Seni bela diri ini terus berkembang pesat di tengah masyarakat indonesia. Karena terus terpelihara dengan baik oleh masyarakat. Ada bukti Penyebaran pencak silat di Nusantara sudah terjadi sejak abad ke-7. Ini dibuktikan lewat relief Candi Borobudur.Diberitakan kompas.com (13/12/2019), pencak silat ini berasal dari dua daerah di indonesia, yakni minangkabau, sumatra barat dan cimahe, jawa barat yang punya aliran berbeda-beda.

Ada empat aspek utama dalam pencak silat yaitu

 Aspek mental spiritual,pencak silat dapat membangun dan mengembangkan kepribadian dan karakter mulia seseorang.

 Aspek seni budaya,gerak indah dalam pencak silat yang dipadu dengan musik tradisional menjadi aspek yang sangat penting Hal ini untuk mengembangkan aspek seni yang indah dalam gerak yang serasi dan dilandasi rasa cinta kepada budaya bangsa.

 Aspek bela diri,aspek ini untuk pengembangan diri dalam gerak bela diri yang terampil dan efektif. Hal ini bertujuan  demi menjaga keselamatan atau kesiagaan fisik dan mental yang dilandasi sikap kesatria, tanggap, dan mengendalikan diri.

 Aspek olahraga,dalam aspek ini pesilat harus menyesuaikan pikiran dengan olah tubuh. Tujuan lainnya berupa kompetisi, artinya olah raga ini bisa dipertandingkan dalam bentuk perorangan atau regu.

 Tujuan utamanya pencak silat  untuk prestasi,kesehatan dan rekreasi.Selain itu ada pula nilai-nilai luhur yang terkandung dalam pencak silat,yakni:budaya indonesia sebagai asal dan coraknya,falsafat budi pekerti luhur sebagai jiwa dan sumber motivasi,pembinaan mental spiritual, bela diri, seni, dan olah raga yang terintegrasi.(*)

Grafis: Arief Rahman

Penulis : Sunbhio Pratama

Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
06:44
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19