Kompas TV regional berita daerah

Harga Anjlok, Peternak Obral Ayam Pedaging

Kompas.tv - 26 Juli 2021, 17:34 WIB
Penulis : KompasTV Madiun

MADIUN, KOMPAS.TV - Sejumlah peternak ayam pedaging di Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Senin (26/07/2021) pagi, mengobral ayam hasil ternaknya di pasar. Aksi menjual ayam dengan harga murah ini dilakukan para peternak sebagai bentuk protes, karena anjloknya harga ayam di tingkat peternak yang jauh dibawah harga pokok produksi.

Ribuan ekor ayam peaging milik sejumlah peternak ini diobral di Pasar Dungus, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

Para peternak ayam pedaging terpaksa menjual ayam peliharaannya dengan harga yang murah, menyusul anjloknya harga ayam di tingkat peternak, yang jauh lebih murah dari harga pokok produksi.

Saat ini, harga ayam di tingkat peternak hanya laku terjual RP.6000 hingga Rp. 9000 perkilogram. Sementara harga pokok produksi mencapai Rp. 18.000 perklogramnya.

Untuk meminimalisir keruagian,  peternak ini terpaksa menjual ayam pedaging seharga Rp. 25.000 per ekor, dengan berat rata – rata 2 kilogram per ekor.

Sementara harga daguing ayam potong di pasaran saat ini berkiar antara 23 hingga 25 ribu rupiah perkilogram.

Karena harga obral ayam ini jauh lebih murah dibanding harga dipasar, sontak warga beramai – ramai membeli ayam dari peternak ini.

Selain untuk meminimalis kerugian, obral ayam ini sekaligus sebgai bentuk protes terhadap pemerintah, yang dinilai tidak dapat menstabilkan harga ayam pedaging di tingkat peternak.

#beritamadiun

#ayamanlok

#ayampedaging

#broiler

#ternakayam



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x