Kompas TV olahraga olimpiade tokyo

Momiji Nishiya Jadi Salah Satu Atlet Termuda Peraih Emas Olimpiade, Juara Skateboard Putri

Senin, 26 Juli 2021 | 16:29 WIB
momiji-nishiya-jadi-salah-satu-atlet-termuda-peraih-emas-olimpiade-juara-skateboard-putri
Momiji Nishiya, atlet skateboard Jepang yang meraih medali emas perseorangan putri pada usia 13 tahun 303 hari, pada Senin, (26/07/2021) (Sumber: Jeff Pachoud/AFP via France24)

TOKYO, KOMPAS.TV - Remaja Jepang Momiji Nishiya menjadi salah satu peraih medali emas Olimpiade termuda sepanjang sejarah saat ia merebut emas perdana cabang olahraga skateboarding putri, yang diraih pada usia 13 tahun 330 hari pada Senin (26/07/2021)

Nishiya finis di depan Rayssa Leal dari Brasil, yang pada pertandingan final berusia 13 tahun 203 hari, dan Funa Nakayama dari Jepang, 16 tahun.

Nishiya membintangi bagian trik untuk mencetak skor 15,26 dan membuat tuan rumah Jepang menyapu bersih olah raga jalanan skateboard saat debut pertama cabang olah raga tersebut di Olimpiade.

Penampilannya mencerminkan rekan setimnya di Jepang Yuto Horigome, yang memenangkan gelar putra dengan serangkaian trik yang menakjubkan pada hari Minggu.

"Saya sangat senang menjadi yang termuda (peraih medali emas Jepang) di Olimpiade pertama saya ... air mata mengalir di mata saya," kata Nishiya kepada wartawan setelah menerima medalinya.

Skaters masing-masing memiliki dua kali 45 detik untuk meluncur dan lima kesempatan pada trik permainan. Empat skor terbaik dari tujuh upaya menghasilkan skor total akhir mereka.

"Saya gugup pada putaran pertama tetapi saya tidak gugup kemudian," kata Nishiya, menambahkan dia ingin merebut emas kedua di Olimpiade Paris pada 2024.

Baca Juga: Raih Medali Emas di Olimpiade Tokyo, Yuto Horigome: Skateboard tentang Bersenang-senang

Ilustrasi. Laga perdana cabang olahraga Skateboard di panggung Olimpiade, medali emasnya direbutkan mulai hari ini, Minggu (25/7/2021) (Sumber: Kompastv/Ant)

Tapi pertama-tama, untuk merayakan kemenangannya, dia akan "pergi dan makan di restoran barbeque daging sapi".

Skateboarding adalah salah satu dari empat olahraga yang memulai debutnya di Tokyo, bersama dengan selancar, panjat tebing, dan karate sebagai bagian dari upaya untuk membawa Olimpiade ke penonton yang lebih muda.

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV/France24




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
23:52
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19