Kompas TV klik360 sinau

Siapa Pemilik SIM dan Pelat Nomor Kendaraan Pertama di Dunia?

Selasa, 27 Juli 2021 | 18:41 WIB

KOMPAS.TV - Pelat nomor kendaraan dan Surat Izin Mengemudi (SIM) merupakan kelengkapan yang harus dipenuhi pengguna kendaraan bermotor.

Peraturan ini tidak hanya berlaku di Indonesia, namun juga bagi pengguna kendaraan bermotor di seluruh dunia.

Tahukah kamu siapa pemilik SIM dan pelat nomot kendaraan pertama?

Prancis pertama kali mengenalkan aturan pemberlakuan pelat nomor kendaraan dan surat izin mengemudi. Pada 14 Agustus 1893, SIM pertama di dunia diperkenalkan di Paris.

SIM itu disebut "certificat de capacité de conduit d'un véhicule à moteur" atau sertifikat kapasitas untuk mengemudikan kendaraan bermotor.

Lisensi pertama di dunia untuk mengendarai kendaraan bermotor dikeluarkan untuk Karl Benz atas permintaannya.

Karl Benz adalah pencipta Benz Patent-Motorwagen, mobil pertama di dunia yang diproduksi pada 1885. Mobil ini yang menjadi cikal bakal lahirnya Mercedes-Benz, produsen mobil berkelas premium.

Sementara perempuan pertama yang mendapatkan SIM adalah Anne de Rochechouart de Mortemart, istri bangsawan Uzès sekaligus orang pertama yang mendapatkan tilang pada tahun 1898.

Peraturan yang baru diberlakukan pada masa itu juga mewajibkan pengemudi untuk mengidentifikasi mobil mereka.

Pemilik kendaraan diharuskan memasang pelat nomor kendaraan dan mematuhi batas kecepatan 20 kilometer per jam di jalan perdesaan, dan 12 kilometer per jam di area perkotaan.

Pelat nomor kendaraan pertama diperkenalkan oleh Prancis, namun Belanda jadi negara pertama yang menerapkan aturan tersebut secara nasional pada 1898.

Sementara di Indonesia, SIM dulunya dikenal dengan istilah rebuwes yang berasal dari bahasa Belanda yaitu Rijbewijs.

Sedangkan pelat nomor di Indonesia diberlakukan sejak masa pemerintahan Belanda dengan menggunakan kode wilayah yang berbeda.(*)

Grafis: Arief Rahman

Penulis : Gempita Surya

Sumber : diolah dari berbagai sumber




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
14:55
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19