Kompas TV entertainment musik

Ian Antono Beberkan Makna Bunga Bakung dan Anyelir dalam Lagu "Rumah Kita"

Senin, 26 Juli 2021 | 15:09 WIB
ian-antono-beberkan-makna-bunga-bakung-dan-anyelir-dalam-lagu-rumah-kita
Ian Antono (Sumber: Tribunnews)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Selama berkiprah di dunia musik tak  kurang 250 karya lagu telah ia ciptakan. Beberapa diantaranya menjadi hits dan berpengaruh besar terhadap perkembangan musik di Indonesia.

Saking populernya, karya Ian Antono yang berjudul “Panggung Sandiwara” dan “Rumah Kita” bahkan sudah seperti lagu milik rakyat (public domain).

Dalam sebuah wawancara mengutip Voice Magz, Ian Antono bercerita soal pembuatan lagu "Rumah Kita".

Banyak orang salah kaprah lantaran lagu Panggung Sandiwara diciptakan khusus untuk Achmad Albar karena saat itu Achmad Albar bermain dalam film "Duo Kribo"

"Lagu itu sebenernya bukan sengaja aku tulis, tetapi berangkat dari sebuah film “Duo Kribo” (film yang dibintangi Achmad Albar dan Ucok Harahap) sekitar tahun 1977 kalau nggak salah, sutradaranya Edward Pesta Sirait. Waktu itu mas Taufik (Taufik Ismail/Sastrawan) sudah membuat lirik dulu, terus aku yang membuat melodi lagunya dan instrument musiknya. Orang banyak nggak tahu juga, kalau yang ciptakan liriknya Taufik Ismail, tahunya itu lagunya God Bless aja," beber Ian Antono,.

Saat bicara lagu "Rumah Kita" Ian Antono menceritakan kisahnya menciptakan lagu tersebut dan arti kata bunga bakung dan bunga anyelir.

"Lagu "Rumah Kita" itu sebenernya menggambarkan perjalanan saya terjun di dunia musik. Saya memutuskan meninggalkan Malang yang sebenernya enak, terus pergi ke Jakarta  yang penuh dengan ketidakpastian. Makanya kalau kamu perhatikan penggalan liriknya ada “ Haruskah kita beranjak ke kota (Jakarta maksudnya) yang penuh dengan Tanya..?”, iya kan..?" beber Ian Antono.

"Itu sebenernya kejadian nyata yang aku alami, karena ketika di Jakarta memeng ternyata susah, tidak seperti yang saya bayangin, Titik Antono (Istri Ian Antono) menimpali pernyataan Ian Antono kala itu yang mencari kata-kata yang pas untuk menggambarkan bunga yang identik dengan orang kampung itu apa. Terus kita pilih “Bunga Bakung” untuk mewakili bunga yang umum tumbuh di desa. Kemudian bunga anyelir dan melati yang menggambarkan kehidupan orang berada di kota," pungkas ian Antono.

Penulis : Ade Indra Kusuma | Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV / Voice Magz




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
03:14
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19