Kompas TV nasional berita utama

Ace Hasan Syadzily: Banyak Masyarakat Terdampak Pandemi Covid-19 Belum Mendapatkan Bantuan Sosial

Kompas.tv - 26 Juli 2021, 15:04 WIB
ace-hasan-syadzily-banyak-masyarakat-terdampak-pandemi-covid-19-belum-mendapatkan-bantuan-sosial
Pekerja mengemas paket bantuan sosial (bansos) di Gudang Food Station Cipinang, Jakarta, Rabu (22/04) (Sumber: Kompas.com/M RISYAL HIDAYAT)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV- Wakil Ketua Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Ace Hasan Syadzily mencermati masih banyak masyarakat terdampak Covid-19 yang belum mendapatkan bantuan dari program bantuan sosial.

“Terus terang saja dari hasil pemantauan kami komisi VIII masih banyak masyarakat yang memang belum mendapatkan bantuan dari program bantuan sosial yang disampaikan kepada masyarakat yang terdampak secara ekonomi akibat PPKM level 4 ini,” kata Ace Hasan Syadzily, Senin (26/7/2021).

Atas dasar itu, Ace Hasan Syadzily, berharap pemerintah tidak hanya fokus pada penerapan PPKM level IV saja. Tetapi, lanjutnya, kebutuhan dasar masyarakat terdampak Covid-19 juga harus diperhatikan dan dipenuhi.

“Kami tentu meminta pemerintah jangan hanya meminta masyarakat untuk membatasi pengetatan mobilitasnya,” ujarnya.

Baca Juga: Pastikan Nama Anda Terdata, Begini Cara Cek Penerima Manfaat Bansos dari Kemensos

“Tapi mereka juga harus dipastikan bahwa kebutuhan dasar mereka juga betul-betul harus terpenuhi,” tambahnya.

Sebab, sambungnya, masyarakat di sektor informal yang terdampak Covid-19 di Indonesia memiliki ketergantungan hidup karena penghasilannya harian.

“Karena kita tau sektor informal di indonesia seperti para pekerja harian, pedagang di pasar tradisional kalo mereka ditutup lantas makannya darimana, dan bersamaan dengan itu mereka juga belum terdaftar sebagai penerima bantuan sosial,” katanya.

“Oleh karena itu kebijakan level 4 bantuan sosial bisa betul- betul terdistribusi secara merata akurat dan tepat,” lanjutnya.

Sebelumnya kemarin, Presiden Jokowi mengumumkan perpanjangan PPKM level 4 yang semula berakhir Senin (26/7/2021) mundur menjadi 2 Agustus 2021.

Baca Juga: Risma Tegaskan Pemerintah Tidak Bisa Terus-Menerus Memberikan Bansos

Dalam pesannya, Presiden Jokowi mengimbau agar seluruh masyarakat untuk selalu waspada dalam menyikapi pandemi Covid-19.

Sebab, lanjut Presiden Jokowi, kemungkinan dunia akan menghadapi varian lain yang bisa menular dibanding yang sudah ada.

“Kita harus selalu waspada, ada kemungkinan dunia akan menghadapi varian lain yang lebih menular,” katanya.

“Karena itu saya memerintahkan agar testing tracing bisa ditingkatkan lebih tinggi dan respon treatment yang cepat untuk menekan laju penularan dan peningkatan angka kesembuhan,” lanjutnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.